Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

250 Anggota Denma Brigif Raider 13/Galuh Dapat Vaksin Covid-19

Kamis, 04 Maret 2021 - 22:14 | 26.14k
Prajurit Brigif 13/Galuh menerima vaksin di lingkungan Mabrigif 13/Galuh Jl. Nyantong, Cikalang, Tawang, Kota Tasikmalaya (Foto: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Prajurit Brigif 13/Galuh menerima vaksin di lingkungan Mabrigif 13/Galuh Jl. Nyantong, Cikalang, Tawang, Kota Tasikmalaya (Foto: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Sebagai upaya turut menyukseskan program vaksinasi nasional, sebanyak 250 personel dari Denma Brigif Raider 13/Galuh mengikuti vaksinasi pada tahap pertama. Vaksinasi ini dilaksanakan di Aula Mabrigif Raider 13/Galuh, Tasikmalaya Kamis (4/3/2021).

Anggota Denma Brigif Raider 13/Galuh menjadi sasaran vaksin tahap pertama lantaran tergolong profesi yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat. TNI ikut menyosialisasikan dan melakukan penegakan protokol kesehatan kepada masyarakat. Karena itu, vaksinasi ditargetkan pada seluruh anggota TNI khususnya Denma Brigif Raider 13/Galuh.

W.S. Komandan Detasemen Markas Brigif Raider 13/Galuh Mayor Inf Joko Nugroho, S. T. yang turut menerima suntikan vaksin menyatakan, pentingnya vaksinasi bagi anggota prajurit yaitu untuk membentuk sistem kekebalan tubuh dari virus dan bakteri. Serta mendukung program pemerintah dalam mengatasi wabah Covid–19.

“Sebagai seorang TNI agar memiliki tubuh yang sehat dan prima, vaksinasi sangatlah penting dilaksanakan karena bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh agar dapat mengenali dan melawan virus serta bakteri penyebab infeksi pada diri kita. Dengan begitu, kita bisa membantu pemerintah baik dalam menjaga keutuhan negara maupun melayani dalam penanganan Covid–19 agar negara bisa maju,” katanya kepada TIMES Indonesia.

Karumkitban Tk. IV Rumah Sakit Galunggung Kota Tasikmalaya, dr. Yayu Amalia, yang diwakili oleh Peltu Dede Junaedi menyampaikan proses vaksinasi dibagi dalam lima tahap yaitu pemeriksaan tekanan darah, pendaftaran, screening, vaksinator dan observasi. Anggota yang belum memenuhi syarat vaksin akan terdeteksi di meja screening dan diberi keterangan untuk menunda ataupun tak dapat mengikuti vaksinasi.

Peserta akan diberikan warna kartu. Jika memenuhi syarat diberi kartu hijau, jika ditunda sementara misal ada penyakit penyerta yang memerlukan pengobatan diberikan kartu warna kuning. Apabila sama sekali tidak memenuhi syarat memiliki komorbid seperti penyakit jantung diberi warna merah. Sementara itu untuk hasil screening anggota Denma Brigif Raider 13/Galuh ini semua bisa melaksanakan penyuntikan vaksin.

“Akan tetapi tadi ada kendala dari Nomor Induk Penduduk ( NIK ) anggota yang belum terdata, tapi semuanya sudah kami koordinasikan dengan Disduk Capil Kota Tasikmalaya agar semua personel bias menerima vaksin,” terangnya.

Kegiatan berjalan lancar dan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker serta mencuci tangan dan pemakaian hand sanitizer baik sebelum dan sesudah melaksanakan penyuntikan vaksin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES