Glutera News

7 Penyebab Leher Hitam

Kamis, 04 Maret 2021 - 13:35 | 292.08k
glutera news.
glutera news.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu masalah kecantikan yang sering dialami oleh banyak orang adalah bagian leher apalagi bagian belakang yang menghitam. Hal ini biasanya bukan hanya disebabkan oleh sel kulit mati atau kumpulan debu yang menempel pada kulit yang biasa disebut dengan daki. Bisa jadi kulit leher hitam adalah tanda dari suatu kondisi medis tertentu.

Perubahan pada tubuh yang bisa dirasakan ataupun dilihat secara kasat mata bisa menjadi pertanda kamu menderita penyakit serius.  Gejala-gejala penyakit serius biasanya memang muncul dari tanda pada tubuh yang acapkali dianggap sepele. Misalnya saja perubahan warna kulit. 

Warna kulit yang tampak menebal dan menghitam pada bagian leher biasanya dianggap sisa kotoran yang tak bersih dibilas saat mandi.  Padahal perubahan warna kulit pada leher yang tampak menghitam itu bisa jadi pertanda kamu menderita penyakit serius.  Dalam istilah medis, leher menghitam disebut juga acanthrosis nigricans (AN). Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi gelap dan tebal hingga mungkin terasa seperti beludru yang bertekstur. 

glutera b

AN dapat muncul di lipatan kulit lainnya seperti pangkal paha, di ketiak, tapi yang paling umum di lipatan leher. Kondisi ini juga dapat terjadi pada siapa saja, terutama pada anak-anak. Kulit yang menghitam dan menebal ini ternyata juga berhubungan dengan kadar insulin dalam tubuh seseorang.  Jadi kalau Anda atau anak Anda memiliki kulit menghitam di bagian belakang leher, itu artinya Anda cenderung memiliki kadar gula tinggi atau rentan mengalami diabetes. 

1. Sinar matahari

Mungkin ini menjadi penyebab umum mengapa kulit di bagian leher menjadi hitam. Bagian leher yang tidak tertutupi saat beraktivitas di bawah sinar matahari dapat membakar kulit dan membuatnya menjadi lebih hitam.

2. Diabetes

Kulit leher yang hitam bisa saja diakibatkan oleh adanya penyakit diabetes yang kamu alami. Sebab, kadar gula yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kulit mengalami resistensi terhadap insulin. Sehingga mengakibatkan poliferasi serta perubahan warna kulit yang menjadi lebih hitam. Diabetes salah satu penyebeb terbesar kulit lipatan menjadi hitam.

3. Penyakit addison

Salah satu gejala munculnya penyakit addison adalah perubahan warna kulit yang menjadi lebih gelap, termasuk di bagian leher. Penyakit addison sendiri merupakan gangguan yang menyerang kelenjar adrenal yang tidak bisa menghasilkan hormon dalam jumlah yang dibutuhkan. Tidak hanya perubahan kulit saja, penyakit ini juga ditandai dengan gejala lain seperti mudah lelah dan menurunnya nafsu makan.

4. Penyakit hypothyroidism

Hypothyroidism merupakan jenis penyakit yang menyerang kelenjar tiroid. Salah satu gejala yang ditunjukkan akibat penyakit ini adalah menghitamnya bagian kulit di seluruh tubuh termasuk di bagian leher bahkan membuatnya menjadi kering. 

5. Gaya hidup yang jorok

Salah satu penyebab umum kulit leher menghitam lainnya adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti malas mandi. Ketika kamu malas membersihkan diri, hal tersebut juga akan memengaruhi kesehatan kulit. Di mana kotoran yang menempel akan mengendap pada kulit dan mengubah warna asli kulit menjadi kehitaman.

6. Obesitas

Penyebab kulit leher hitam lainnya adalah berat badan berlebih atau obesitas. Mereka yang mengalami obesitas cenderung memiliki kulit yang lebih gelap di daerah ketiak, leher, pangkal paha dan bagian tubuh lainnya. Obesitas merupakan salah satu faktor risiko dari acanthosis nigricans, penyakit yang juga menyebabkan kulit menjadi hitam.

7. Kehamilan

Sebagian ibu hamil dapat mengalami perubahan atau gangguan kulit, dan salah satunya adalah kulit ketiak, leher, pangkal paha atau selangkangan hitam. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin. Warna kulit yang menghitam biasanya akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

Cara Menghilangkan Hitam di Leher Anda

1. Kontrol berat badan Anda

Jika Anda memang memiliki berat badan berlebih atau cenderung obesitas, Anda harus mengontrol berat badan Anda. Hal ini dapat mengurangi acanthosis nigricans yang Anda alami. Anda bisa memulai pola hidup dan pola makan yang lebih sehat.
Olahraga secara teratur dimulai dari yang ringan dan mudah dilakukan bisa Anda coba. Jaga gula darah Anda tetap stabil, hindari makanan yang membuat tubuh Anda kelebihan lemak.

2. Kebersihan leher saat mandi

Bagian leher apalagi bagian belakang merupakan bagian yang sering dilupakan saat membersihkan tubuh atau mandi. Dengan kurang dibersihkannya bagian tersebut, maka lama-kelamaan, kotoran dan daki akan semakin menebal.

Untuk mengatasi ini, mulailah membiasakan diri untuk membersihkan bagian leher, terutama bagian belakangnya agar daki yang menumpuk mulai menipis. Jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, dalam kurun waktu satu minggu saja, kulit leher hitam akan berangsur kembali ke warna semula.

3. Gunakan Glutera Underarm Serum

Disarankan menggunakan Glutera Underarm Serum, yang mengandung agent pemutih dan pencerah terbaik seperti : Glutathione, alpha-arbutin, niacinamide, nano kojic acid, collagen, aloe-vera extract. Dan bahkan dilengkapi dengan berbagai ekstra nutrisi untuk membuat hasil lebih maksimal.

CARA PEMAKAIAN

Bersihkan leher yang hitam dengan Glutera Body Wash, kemudian bilas hingga kering. Selanjtutnya oleskan Glutera Underarm Serum pada leher atau lipatan tubuh lainnya secara merata. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan secara rutin per 6 jam sekali. Hasil tiap orang berbeda, namun jika diambil rata-rata 7-14 hari sudah terlihat hasilnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES