Ekonomi Indonesia Bangkit

Gubernur Zulkieflimansyah Sebut Pemulihan Ekonomi Berjalan Baik di NTB

Kamis, 04 Maret 2021 - 10:16 | 28.65k
Acara pembukaan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) secara virtual di KEK Mandalika, Lombok Tengah. (FOTO: Dinas Kominfotik NTB)
Acara pembukaan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) secara virtual di KEK Mandalika, Lombok Tengah. (FOTO: Dinas Kominfotik NTB)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, LOMBOK TENGAHGubernur NTB Zulkieflimansyah berpendapat pandemi Covid-19 ternyata tetap memberi angin segar bagi penguatan SDM dan pemulihan ekonomi yang mampu dibangun oleh masyarakat NTB (Nusa Tenggara Barat). 

Potensi SDM dan IKM/UMKM NTB bukan hanya mampu menghasilkan pakaian adat, makanan ringan, masker, kain tenun dan sebagainya. Tetapi juga mampu menciptakan mesin-mesin canggih yang tidak kalah saing dengan mesin-mesin buatan pabrik ternama.

pembukaan-pameran-Karya-Kreatif-Indonesia-2.jpgSepeda listrik produk lokal NTB ditampilkan dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Sesi I Tahun 2021. (FOTO: Dinas Kominfotik NTB)

"Mesin-mesin itu telah mampu meningkatkan hasil produktivitas ekonomi kita yang diproduksi di NTB," ungkap Zulkieflimansyah, di acara pembukaan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) secara virtual di KEK Mandalika, Lombok Tengah, Rabu (3/3/2021).

Zulkieflimansyah menyampaikan, peningkatan produksi melalui mesin-mesin yang tumbuh dari tangan-tangan hebat anak NTB merupakan program industrialisasi yang terus dikembangkan oleh pemerintah Provinsi NTB hingga saat ini.  Harapannya, hadirnya IKM-IKM yang berbasis teknologi ini mampu meningkatkan produktivitas di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

"Motor listrik, sepeda listrik, mesin pencacah dan teknologi lainya berhasil kami buat. Apakah kemudian NTB akan membangun pabrik motor listrik? Saya kira tidak. Tapi kami hanya ini katakan, kalau motor listrik yang canggih ini mampu diproduksi di NTB mestinya IKM/UMKM kita mampu menghasilkan mesin pertanian, peternakan dan lain sebagianya," paparnya.

Gubernur Zulkieflimansyah sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya pameran Karya Kreatif Indonesia 2021 oleh Bank Indonesia (BI). Menurutnya,  terobosan Bank Indonesia itu merupakan platform untuk mendorong, mengangkat dan membesarkan UMKM Indonesia, baik ditingkat nasional hingga global. 

Terutama manfaat yang dirasakan oleh para pelaku UMKM/IKM di NTB untuk terus mengembangkan dan meningkatkan berbagai hasil produk-produk yang berkualitas dan membanggakan.

"Eksotisme Lombok yang kami tawarkan bukan hanya potensi alam dan produk-produk souvenir yang bisa dibawa pulang. Akan tetapi potensi dan kapasitas SDM begitu luar biasa," kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES