Indonesia Positif

Gus Ipul: "Camat dan Lurah Adalah Ujung Tombak Pelayanan Masyarakat"

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:57 | 37.29k
Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf atau yang akrab dipanggil Gus Ipul. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf atau yang akrab dipanggil Gus Ipul. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf atau yang akrab dipanggil Gus Ipul, mengadakan rapat terbatas dengan Camat dan Lurah Se-kota Pasuruan. Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Surga-Surgi Kota Pasuruan, Selasa (2/3/2021).

Gus Ipul hadir didampingi Mas Adi memberikan pemaparan berbagai masalah yang dihadapi Kota Pasuruan. Pemaparan ini merupakan upaya mewujudkan Kota Pasuruan sebagai Kota Madinah (Maju ekonominya, indah kotanya, dan harmoni warganya).

"Tujuannya agar Kota Pasuruan ke depan memiliki target pembangunan yang jelas. Sehingga ukuran-ukuran yang telah ditentukan tersebut dapat terpenuhi", terang Gus Ipul.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa Camat dan Lurah merupakan salah satu ujung tombak Pemerintah Kota untuk melayani masyarakat.  Maka, harus mengetahui permasalahan apa yang terjadi dan upaya apa yang dilakukan agar menjadi solusi terbaik. 

"Sebagai contoh, untuk memajukan ekonomi Kota Pasuruan. Maka, disasar ekonomi tumbuh merata, kesenjangan menyempit, kemiskinan berkurang, pengangguran menurun, sektor industri dan UMKM tumbuh, PAD meningkat", jelasnya.

Gus Ipul juga mengingatkan bahwa kontribusi Camat dan Lurah dalam memajukan ekonomi, tak hanya memikirkan program tetapi  harus turut membantu uang masuk (cash flow) juga.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Pasuruan turut menyampaikan beberapa langkah percepatan program 99 hari kerja sebagai jawaban atas permasalahan yang terjadi. Salah satunya yaitu terkait penataan Sumber Daya Manusia (SDM) dan struktur kelembagaan birokrasi yang terstandarisasi.

"Karena Camat dan Lurah menjadi bagian ujung tombak yang berhadapan dengan problem-problem masyarakat, maka mindset untuk melayani harus yang utama, bahwa birokrasi itu adalah melayani", papar Mas Adi. 

Wali Kota Pasuruan juga meminta setiap Camat dan Lurah mengetahui masalah apa saja yang sedang dihadapi di wilayahnya masing-masing. Sehingga, secara sinkron permasalahan tersebut dapat terselesaikan bersama dengan didukung oleh instansi Pemerintah terkait. 

Gus Ipul juga menegaskan bahwa nanti akan dirumuskan peningkatan layanan masyarakat yang  diperkuat mulai dari Kelurahan. Lompatan-lompatan inilah yang diperlukan agar Kota Pasuruan bisa sejajar dengan kota lain yang sudah lebih dulu maju.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Robert Ardyan
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES