Kuliner Indonesia Bangkit

Bentani Hotel & Residence Cirebon Menuai Berkah Lewat Eco Enzyme

Rabu, 03 Maret 2021 - 14:50 | 58.82k
Proses pembuatan eco enzyme di Bentani Hotel Cirebon. (FOTO: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)
Proses pembuatan eco enzyme di Bentani Hotel Cirebon. (FOTO: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, CIREBONBentani Hotel & Residence Cirebon memperkenalkan sebuah proyek terbaru mereka, Eco Enzyme.

Proyek ini sebagai wujud kepedulian terhadap seruan untuk ramah lingkungan atau Go Green dengan cara sederhana namun dapat menghasilkan. 

Eco Enzyme adalah cairan pembersih tanpa bahan kimia. Cairan ini berbahan dasar sampah organik. Eco Enzyme ini diberi nama Magical Pachira.

Brand Ambassador Eco Enzyme Bentani Hotel Cirebon, Chef Heru mengatakan Eco Enzym atau cairan fermentasi dari sampah organik ini mulai dikembangkan untuk berbagai keperluan.

Proses-pembuatan-eco-wnzyme-2.jpg

"Eco Enzyme ini banyak manfaatnya, seperti untuk membersihkan rambut, membersihkan kamar mandi atau kloset, berkumur, cuci tangan, mendetoks tubuh, anti radiasi dan juga untuk program protokol kesehatan," ujarnya, Rabu (3/3/2021).

Selain itu, kata dia, Eco Enzyme juga bisa digunakan sebagai pembasmi pestisida, dan insektisida, anti radiasi sampai pembersih udara atau air purifier.

Ia menjelaskan dalam proses pembuatan Eco Enzyme ini cukup mudah. Dari bahan utama sampah organik seperti buah-buahan, sayuran lalu dicampurkan dengan gula merah atau gula aren dan ditambahkan air.

"Bahan-bahan tersebut nanti dimasukkan kedalam tempat boks dan ditutup secara rapat untuk difermentasikan selama tiga bulan," katanya.

Proses-pembuatan-eco-wnzyme-3.jpg

"Setelah sampah organik ini didiamkan selama tiga bulan, hasilnya akan bisa langsung digunakan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat," ucap Gina Rimba, mentor pembuatan Eco Enzyme di Hotel Bentani.

Eco Enzyme pertama kali diperkenalkan oleh dr. Rosukon Poompanvong sebagai pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand.

Gagasan ini kemudian dilakukan oleh Bentani Hotel, untuk mengolah enzim dari sampah organik yang biasa dibuang ke dalam tong sampah, oleh Bentani Hotel sampah tersebut diolah sampai menjadi pembersih organik dengan berjuta manfaat.

Bentani Hotel & Residence Cirebon berusaha terus menekan penggunaan sampah, dengan mengolahnya menjadi sesuatu yang berguna. Sesuai dengan slogan mengolah sampah menjadi berkah, lewat Eco Enzyme ini pihak hotel berharap akan menunai berkah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES