Peristiwa Daerah

BPN Pagaralam: Sekitar 70 Ribu Bidang Tanah Belum Bersertifikat

Rabu, 03 Maret 2021 - 14:11 | 26.00k
BPN Pagaralam menggelar penyuluhan PTSL di kantor Kecamatan Dempo Utara (FOTO: Asnadi/TIMES Indonesia)
BPN Pagaralam menggelar penyuluhan PTSL di kantor Kecamatan Dempo Utara (FOTO: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Berdasarkan catatan Kantor Pertanahan Kota Pagaralam (BPN Pagaralam), sekitar 70 ribu bidang tanah di Pagaralam belum bersertifikat.

Proses sertifikasi seluruh lahan tersebut diperkirakan membutuhkan waktu kurang lebih empat tahun.

“Itu (bidang) termasuk yang tahun ini akan disertifikasi ya,” ucap Kepala Kantor Pertanahan Kota Pagaralam melalui Kasubag Tata Usaha Yeri, ketika ditemui usai penyuluhan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di kantor Kecamatan Dempo Utara Rabu (3/3/2021).

Dia melanjutkan, menargetkan 70 ribu bidang tersebut akan selesai disertifikasi dalam kurun waktu empat tahun. Dimulai tahun 2021 hingga 2024 di sejumlah kelurahan lewat program PTSL.

“Tahun ini PTSL kita fokuskan di empat kelurahan seluas 11 ribu bidang,”ucapnya. “Di Bumi Agung, Agung Lawangan, Rebah Tinggi, dan Tanjung Agung.”

Ia kemudian merinci. Di Kelurahan Bumi Agung terdapat 3000 bidang tanah yang akan disertifikasi. Agung Lawangan 2500 bidang. Rebah Tinggi 4500 bidang. Adapun di Kelurahan Tanjung Agung ada 1000 bidang tanah. Kapan sertifikasi dimulai?

“Kita tunggu setelah proses lelang selesai,” kata dia.

PTSL juga akan dilaksanakan pada tahun depan dengan sasaran 11 kelurahan. Selanjutnya pada 2023 13 kelurahan. Dan 2024 PTSL menyasar 5 kelurahan. Sehingga semua bidang yang dapat sertifikat. “Semua lahan berbentuk kita ukur,” katanya.

Sementara itu Plh Camat Dempo Utara Ferimansyah SE MM mengatakan, tahun ini ada tiga kelurahan di Dempo Utara yang mendapat kuota PTSL. Maka ia mengimbau kepada Lurah beserta RT/RW untuk segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Tapi tentu BPN Pagaralam nanti akan mengadakan sosialisasi dulu di kelurahan,” katanya pula. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES