Glutera News

10 Penyebab Pangkal Paha atau Selangkangan Hitam

Rabu, 03 Maret 2021 - 12:55 | 500.51k
(FOTO: Glutera.com)
(FOTO: Glutera.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pangkal paha bisa jadi merupakan area yang paling tertutup. Namun tak jarang, area ini merupakan daerah di mana flek hitam kerap muncul. Kulit gelap pada paha bagian dalam atau selangkangan dapat dialami oleh siapa saja, terlepas dari warna kulit. Ini terjadi ketika kulit pada paha bagian dalam menghasilkan banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Ini disebut hiperpigmentasi. Perubahan warna selangkangan yang gelap bahkan bisa terjadi di pinggang, payudara atau selangkangan.

Pasalnya, kulit pangkal paha yang gelap biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Oleh karena itu ada baiknya kita mengetahui dulu apa saja yang dapat menyebabkan kulit pangkal paha menjadi gelap dan menghitam.

Penyebab-Pangkal-Paha-atau-Selangkangan-Hitam.jpg

1. Obesitas

Penyebab pangkal paha atau selangkangan hitam lainnya adalah berat badan berlebih atau obesitas. Mereka yang mengalami obesitas cenderung memiliki kulit yang lebih gelap di daerah pangkal paha atau selangkangan dan bagian tubuh lainnya.

Obesitas merupakan salah satu faktor risiko dari acanthosis nigricans, penyakit yang juga menyebabkan kulit pangkal paha atau selangkangan hitam.

2. Kebiasaan Menggaruk

Kondisi lembab membuat seseorang menjadi lebih cepat berkeringat terutama di bagian yang tertutup seperti pangkal paha. Saat berkeringat, kita akan cenderung merasakan gatal. Menggaruk kulit sekitar pangkal paha dapat menimbulkan luka dan iritasi sehingga kulit menjadi gelap.

3. Iritasi

Efek gesekan pada kulit hingga membuatnya menghitam disebut sebagai chafing. Efek chafing biasanya lebih nyata selama haid, karena area vagina dalam keadaan lembap dalam waktu yang lama. Kombinasi dari gesekan antar kulit, pinggiran pembalut (khususnya pembalut bersayap), dan kain celana plus area kelamin yang lembap dapat membuat selangkangan menghitam.

Sebelum kulit akhirnya menghitam, gesekan antara kulit dengan kain yang kasar dan ketat akan menciptakan sensasi terbakar. Setelah itu, kulit akan mengalami iritasi dan lecet. Akhirnya, kulit menjadi lebih tipis, gatal, lalu berubah warna menjadi lebih gelap atau kehitaman.

4. Gangguan Hormon

Beberapa penyakit yang memengaruhi hormon dalam tubuh juga dapat menyebabkan kulit pangkal paha atau selangkangan hitam. Penyakit tersebut di antaranya, seperti sindrom polikistik ovarium (polycystic ovary syndrome/PCOS), cushing syndrome, dan hipotiroid.

Tak hanya mengalami kulit pangkal paha atau selangkangan hitam, umumnya penderitanya juga mengalami gejala lain yang berhubungan dengan penyakit di atas.

5. Radang

Yang dapat terjadi selama berjalan atau berolah raga, sehingga menimbulkan radang yang mengakibatkan kulit pangkal paha atau selangkangan menjadi tipis dan berubah warna

6. Penggunaan Obat Tertentu

Beberapa obat-obatan yang rutin dikonsumsi dapat menyebabkan kulit pangkal paha atau selangkangan berwarna hitam. Obat-obatan tersebut, seperti insulin, obat golongan kortikosteroid, dan kontrasepsi hormonal.

7. Paparan Sinar Matahari

Terlalu sering berada di bawah sinar matahari juga dapat menyebabkan pangkal paha atau selangkangan menjadi lebih gelap. Apabila Anda ingin berjemur, sebaiknya pilihlah waktu yang tepat yaitu pagi hari atau sore hari. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya sebelum berjemur

8. Penyakit Gula (Diabetes Mellitus)

Serupa dengan obesitas, diabetes mellitus atau penyakit gula dapat menjadi penyebab pangkal paha atau selangkangan hitam. Resistensi insulin pada diabetes mellitus meningkatkan risiko seseorang mengalami acanthosis nigricans. Pada akhirnya kulit pangkal paha atau selangkangan orang diabetes akan lebih gelap.

9. Pakaian atau Celana Ketat

Penggunaan celana ketat sebaiknya dihindari. Hal ini karena gesekan dan keringat berlebih dapat menyebabkan pangkal paha atau selangkangan menjadi hitam. Anda dapat menggunakan pakaian yang lebih longgar. Selain lebih nyaman, hal tersebut dapat mencegah selangkangan menjadi gelap atau hitam.

10. Kehamilan

Sebagian ibu hamil dapat mengalami perubahan atau gangguan kulit, dan salah satunya adalah kulit pangkal paha atau selangkangan hitam. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin. Warna kulit yang menghitam biasanya akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

Cara Menghilangkan Pangkal Paha yang Hitam

Disarankan menggunakan Glutera Underarm Serum, yang mengandung agent pemutih dan pencerah terbaik seperti : Glutathione, alpha-arbutin, niacinamide, nano kojic acid, collagen, aloe-vera extract. Dan bahkan dilengkapi dengan berbagai ekstra nutrisi untuk membuat hasil lebih maksimal.

CARA PEMAKAIAN:

Bersihkan area pangkal paha atau selangkangan dengan Glutera Body Wash, kemudian bilas hingga kering. Selanjtutnya oleskan Glutera Underarm Serum pada pangkal paha atau selangkangan atau lipatan tubuh lainnya secara merata.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan secara rutin. Apabila menginginkan hasil lebih cepat gunakan per 6 jam sekali, dengan syarat pangkal paha atau selangkangan dibersihkan dulu dengan Glutera Body Wash. Untuk hasil tiap orang berbeda, namun jika diambil rata-rata 7-14 hari sudah terlihat hasilnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES