Peristiwa Daerah

Hari Tanpa Bayangan Juga Terjadi di Kabupaten Majalengka

Rabu, 03 Maret 2021 - 12:27 | 79.66k
Warga Majalengka tengah menyaksikan fenomena alam hari tanpa bayangan. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Warga Majalengka tengah menyaksikan fenomena alam hari tanpa bayangan. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Fenomena hari tanpa bayangan juga terjadi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Pada saat matahari berada tepat dititik paling tinggi di langit Majalengka, bayangan benda tegak tidak terlihat.

Fenomena alam langka tersebut, terjadi pada Rabu (3/3/2021) sekira pukul 11:59.01 WIB. Fenomena hari tanpa bayangan ini pun mengundang rasa penasaran banyak orang di Kabupaten Majalengka.

hari tanpa bayangan b

Banyak yang sengaja memotret benda atau diri sendiri. Beberapa warga Majalengka juga mengaku penasaran akan fenomena tersebut. Misalnya,

Tri (36) salah satu pegawai Setda Majalengka. Setelah mengetahui informasi tersebut dia langsung menjajal berfoto di bawah terik matahari. Dia terkejut saat bayangannya tidak nampak.

"Tidak ada bayangannya, ketika saya berdiri tepat diatas terik matahari. Ya agak terkejut juga sih," katanya.

Sementara itu, Ikin (23), warga Majalengka lainnya yang tengah berkreasi di Alun Alun Majalengka itu sengaja membawa sebuah botol air mineral, kemudian dia foto. Hasilnya nggak ada bayangan yang nampak.

"Tidak ada bayangannya, ketika saya sengaja berdirikan sebuah botol minum. Ya agak terkejut juga sih," Jelasnya.

Namun, ada pula warga Majalengka yang tidak menggubris terkait informasi itu, seperti Sarifudin (45). Dia mengaku mengerti akan adanya informasi itu, hanya saja dia tidak tertarik untuk mengabadikan foto di bawah mentari.

hari tanpa bayangan c

"Tahu sih ada informasi itu, tapi ya biasa saja," ucapnya.

Prakirawan Cuaca BMKG Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Ahmad Faa Iziyn menjelaskan fenomena hari tanpa bayangan merupakan kulminasi atau transit atau istiwa adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Posisi matahari itu tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit.

Akibatnya, kata dia, bayangan benda tegak akan terlihat menghilang. Pasalnya, bayangan bertumpuk dengan benda itu sendiri. "Sehingga disebut hari tanpa bayangan," jelasnya.

Ahmad menuturkan di Kabupaten Majalengka juga mengalami hari tanpa bayangan yang terjadi pada pukul 11.59.01 WIB. Sedangkan, di Kota Cirebon terjadi pada pukul 11.57.42 WIB dan di Kabupaten Cirebon pukul 11.58.01 WIB.

"Di Kabupaten Indramayu baru akan terjadi pada Kamis (4/3/2021) pukul 11.58.25 WIB. Sementara di Kabupaten Kuningan sudah terjadi pada Selasa (2/3/2021) pukul 11.58.14 WIB," terang Ahmad mengenai hari tanpa bayangan di Kabupaten Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES