Gaya Hidup Jejak Virus Corona B117

Corona B117 Sudah Masuk Indonesia, Ahli Sarankan Pakai Masker Berlapis

Rabu, 03 Maret 2021 - 12:22 | 96.48k
Ilustrasi – Memakai Masker Berlapis. (FOTO: businessinsider.com)
Ilustrasi – Memakai Masker Berlapis. (FOTO: businessinsider.com)
FOKUS

Jejak Virus Corona B117

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Subandrio meminta masyarakat untuk ekstra waspada. Hal itu dikarenakan varian Corona B117 sudah masuk Indonesia.

Terkait hal itu, pakar penyakit menular di Amerika Serikat (AS) Dr Anthony Fauci menyarankan, masyarakat untuk mengenakan masker rangkap untuk antisipasi penyebaran varian baru tersebut.

"Itu (Corona B117) adalah varian yang memiliki kemampuan lebih tinggi. Dalam menularkan virus secara efisien dari orang ke orang. Jika Anda memiliki masker satu lapisan dan memakai satu lapisan lagi, akan masuk akal jika 'double masking' lebih efektif," ujar Dr Anthony dikutip dari Newsweek, Rabu (3/3/2021).

Sebelumnya, dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS sendiri diketahui, juga sudah melakukan pembaharui pedoman. Dimana, masker rangkap lebih efektif dalam antisipasi penyebaran.

Varian Corona B117 sudah masuk Indonesia Selasa (2/3/2021) kemarin. Menkes RI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, ada dua kasus varian Corona B117 yang ditemukan di Indonesia, yang impor, berasal dari Arab Saudi.

Sementara hari ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga melaporkan Corona B117, ditemukan di Kabupaten Karawang. Ia menjelaskan, Satgas Covid-19 saat ini melakukan pelacakan lebih lanjut. “Diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad untuk meneliti UK B117 ini," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES