Peristiwa Nasional Vaksin Covid-19

Program Vaksinasi Covid-19, KPU RI dan Kemenkes RI Jalin Kerjasama

Selasa, 02 Maret 2021 - 21:10 | 22.02k
Ilustrasi - Vaksinasi Covid-19. (FOTO: Kompas)
Ilustrasi - Vaksinasi Covid-19. (FOTO: Kompas)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTAKPU RI dan Kemenkes RI menandatangani perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) pemanfaatan data pemilih pada pemilu untuk pendataan sasaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Pelaksana Tugas Ketua KPU RI Ilham Saputra, di Jakarta, Selasa mengatakan penyelenggara Pemilu dan Kementerian Kesehatan sepakat untuk melaksanakan kerja sama dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Hal itu berlandaskan iktikad baik dalam rangka menjamin kesehatan dan keselamatan warga negara dari Covid-1. Serta saling percaya dan menjaga keamanan serta kerahasiaan data yang diperoleh dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Kerja sama tersebut diwujudkan dalam dukungan terkait upaya penanggulangan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), pertukaran data dan/atau informasi terkait upaya penanggulangan pandemi Covid-19," ucap Ilham dalam keterangan tertulis, Selasa  (2/3/2021).

Selanjutnya, pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh para pihak dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Serta terutama dalam pemanfaatan data pemilih sebagai salah satu dasar pendataan sasaran pelaksanaan vaksinasi.

Selain melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama, pihaknya juga menyerahkan akses data pemilih untuk mendukung program nasional vaksinasi Covid-19 dari KPU RI kepada Kementerian Kesehatan.

Data pemilih yang dimaksud adalah data yang berisi pemilih berusia paling rendah 18 tahun yang disediakan oleh KPU RI berdasarkan daftar pemilih pada pemilihan umum, pemilihan gubernur, bupati, atau wali kota terakhir yang telah dimutakhirkan

Dalam melaksanakan kerja sama, Kemenkes bertanggung jawab untuk menentukan kebijakan sasaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19, menyampaikan informasi mengenai hal-hal yang dibutuhkan untuk pelaksanaan vaksinasi

Berikutnya, berperan aktif dalam menyampaikan kebijakan maupun informasi yang dibutuhkan terkait pemanfaatan data pemilih. Dan memberikan jaminan kerahasiaan, keutuhan, dan kebenaran data pemilih. Serta tidak dilakukannya penyimpanan dan atau diberikannya data pemilih kepada pihak lain tanpa sepengetahuan dan izin dari KPU

Sedangkan KPU bertanggung jawab memberikan atau menyediakan data pemilih sebagai salah satu dasar pendataan sasaran vaksinasi Covid-19, memberikan dukungan data pemilih sesuai dengan proses pemutakhiran berjalan dan kebijakan maupun informasi kebutuhan yang disampaikan oleh Kemenkes.

Kemudian, dalam MoU pemanfaatan data pemilih pada pemilu untuk pendataan sasaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut, KPU RI juga  memberikan dukungan update data sesuai dengan kebijakan maupun informasi kebutuhan yang disampaikan Kemenkes RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES