Pendidikan

SMA Pradita Dirgantara Siap Jajaki Kerjasama dengan Jerman, Ini Stepnya

Selasa, 02 Maret 2021 - 19:03 | 90.29k
Diskusi daring antara SMA Pradita Dirgantara, Yayasan Ardya Garini, dan Goethe Institut Jerman dalam rangka penjajakan kerjasama. (foto: screenshoot Zoom)
Diskusi daring antara SMA Pradita Dirgantara, Yayasan Ardya Garini, dan Goethe Institut Jerman dalam rangka penjajakan kerjasama. (foto: screenshoot Zoom)

TIMESINDONESIA, BOYOLALI – SMA Pradita Dirgantara menjajaki kerjasama dengan Goethe Institut, Jerman. Penjajakan awal dilakukan dengan mengadakan diskusi akademik dengan Goethe Institut pada Senin, 1 Maret 2021. 

Goethe Institut merupakan lembaga non-profit Jerman yang beroperasi di seluruh dunia. Termasuk Indonesia. 

Acara ini menjadi inisiasi awal bagi SMA Pradita Dirgantara untuk melakukan kerjasama di bidang pendidikan dengan pihak Jerman. Ini juga dalam rangka mewujudkan komitmen untuk menjadi sebuah lembaga pendidikan menengah atas berkelas dunia. 

sma pradita b

Di Indonesia sendiri Goethe Institut ada di tiga kota. Yakni Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Lembaga yang didirikan pada tahun 1951 ini memiliki motto Sprache, Kultur, Deutschland yang artinya Bahasa, Budaya, Jerman.

Tak heran jika Goethe Institut sangat aktif mempromosikan belajar Bahasa Jerman dan pengenalan budaya Jerman ke seluruh dunia. 

Diskusi akademik yang berlangsung selama kurang lebih dua jam melalui aplikasi virtual meeting ini dihadiri oleh Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, ketua Umum Yayasan Ardya Garini yang menaungi SMA Pradita Dirgantara beserta jajarannya.

Tampak hadir juga jajaran pejabat direktorat serta kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMA Pradita Dirgantara. Adapun moderator dalam acara tersebut adalah Dwi A Yuliantoro PhD,  direktur Direktorat Pengembangan Sekolah Pradita Dirgantara. 

Antje Nehls, yang juga koordinator Kerjasama Bahasa Jerman Goethe Institut mengaku sangat bangga bahwa siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara sudah mempelajari Bahasa Jerman sejak kelas X. Bahkan meski termasuk sekolah yang sangat muda, namun kemampuan Bahasa Jerman siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara sudah sangat baik. 

Hal itu dibuktikan pada Olimpiade Bahasa Jerman yang lalu, siswi SMA Pradita Dirgantara berhasil masuk sepuluh besar di Provinsi Jawa tengah. “Kami berharap siswa-siswi sekolah kami dapat masuk sepuluh besar di tingkat nasional di Olimpiade Bahasa Jerman yang akan datang,” kata Dwi di sela-sela diskusi. 

Goethe Institut sangat mengapresiasi dan mendukung rencana SMA Pradita Dirgantara untuk mendirikan German Corner di lingkungan sekolah yang bertujuan untuk memperkenalkan Budaya dan Bahasa Jerman kepada semua elemen di lingkungan SMA Pradita Dirgantara. 

sma pradita v

Adapun diskusi akademik ini akan diadakan kembali dalam waktu dekat untuk membahas mengenai program Studienbrücke dan PASCH Schule. Di mana SMA Pradita Dirgantara siap untuk melalui proses atau fase-fase yang disyaratkan agar dapat berpartisipasi dan bergabung pada program-program tersebut. 

Adapun MoU (Memorandum of Understanding) untuk mengembangkan program-program yang menyangkut pengembangan Bahasa dan budaya Jerman akan ditandatangani SMA Pradita Dirgantara dan Goethe Institut* pada waktu yang akan disepakati bersama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES