Peristiwa Daerah

Pantai Karangsong Indramayu Ditunjuk Menjadi Kampung Bahari Nusantara

Selasa, 02 Maret 2021 - 18:14 | 52.86k
Penanaman mangrove di Pantai Karangsong Indramayu. (FOTO: Humas Lanal Cirebon)
Penanaman mangrove di Pantai Karangsong Indramayu. (FOTO: Humas Lanal Cirebon)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYUPantai Karangsong merupakan salah satu potensi wisata bahari di Kabupaten Indramayu. Karena itu, Karangsong ditunjuk menjadi Kampung Bahari Nusantara yang merupakan program dari TNI AL (Angkatan Laut).

Menurut Sekdispomar TNI AL Kolonel Laut (P) OC.Budi Susanto, Pantai Karangsong Indramayu mempunyai potensi wisata bahari dan mangrove. Apalagi, di Karangsong terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang besar. Sehingga, harus bisa dikelola dengan baik.

Penanaman-mangrove-di-Pantai-Karangsong-Indramayu-2.jpg

Budi melanjutkan salah satu bentuk pengelolaan wisata pantai adalah program Kampung Bahari Nusantara, yang salah satu keunggulannya adalah Rumah Cinta. Fungsinya adalah membina ibu-ibu nelayan agar bisa membantu perekonomian keluarga.

"Apabila ditinggal suami melaut, maka ibu-ibu nelayan dapat berperan dalam membantu ekonomi keluarga," ungkapnya di sela kegiatan penanaman mangrove di Pantai Karangsong Indramayu, Selasa (2/3/2021).

Budi melanjutkan Kampung Bahari Nusantara ini sudah dicanangkan di seluruh kampung pesisir pantai di Indonesia, termasuk Indramayu. Sehingga, masyarakat maritim merasa tergugah dengan potensi yang ada di sekitarnya.

"Sehingga dapat mengangkat masyarakat yang tidak mampu untuk terus belajar dan menimba ilmu baik formal maupun nonformal," tuturnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayi, Aep Surahman, dirinya mengucapkan terimakasih atas perhatian dari TNI AL, yang telah menunjuk Desa Karangsong menjadi Kampung Bahari Nusantara.

Untuk sementara ini, pihaknya sedang melaksanakan penataan seperti revitalisasi kolam dan area kolam dok, sehingga kapal yang besar dapat masuk ke TPI Karangsong.

Selain itu, juga bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Indramayu dan pihak akademisi, untuk mengembangkan dan memanfaatkan hutan mangrove dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami juga mempunyai Pulau Biawak yang perlu dikembangkan karena mempunyai potensi yang besar di bidang kemaritiman," ungkapnya dalam pencanangan Pantai Karangsong Kabupaten Indramayu sebagai Kampung Bahari Nusantara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES