Peristiwa Daerah

Antisipasi Penyalahgunaan, Senpi Milik Anggota Polres Gresik Diperiksa

Selasa, 02 Maret 2021 - 17:29 | 25.08k
Senjata api milik anggota Polres Gresik saat dicek dan diperiksa. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Senjata api milik anggota Polres Gresik saat dicek dan diperiksa. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Untuk mengantisipasi penyalahgunaan, senjata api (Senpi) milik anggota Polres Gresik Jawa Timur dicek secara berkala. Pengecekan meliputi surat-surat serta kebersihan.

Satu-persatu senpi milik anggota dilakukan pengecekan oleh Wakapolres Gresik, Kompol Eko Iskandae didampingi Kasi Propam Polres Gresik Ipda Suharto serta Kasubag Sarpras M Zainudin pada Selasa (3/3/2021).

"Tujuannya untuk memastikan senpi dinas atau yang dipegang anggota siap pakai dan digunakan," ujar Kompol Eko.

Wakapolres Gresik menambahkan, jika surat-surat dalam kondisi mati maka senpi tersebut akan diambil. Jika surat senpi maupun kebersihan senpi tidak diperhatikan, maka senpi tersebut akan ditarik. "Itu sudah menjadi sanksi bagi anggota," terangnya.

Kompol Eko Iskandar juga mengungkapkan untuk anggota yang memegang senpi juga harus memenuhi syarat. Seperti lulus ujian psikotes atau psikologi kemudian uji praktek menembak.

senpi b

"Itu syarat yang harus dilalui oleh anggota. Nantinya pemeriksaan senpi ini juga akan terus dilakukan seacara berkala," ucapnya.

Kasi Propam Polres Gresik Ipda Suharto menyatakan, ada 49 senpi yang ditarik karena masa berlaku habis. Pemeriksaan senpi juga untuk mengantisipasi penyalahgunaan senpi oleh anggotanya.

Selain memeriksa kondisi fisik senjata, Suharto juga mengecek administrasi penggunaan senjata api para anggotanya. Hal itu agar kepemilikan senjata ini jelas dan terdata.

"Dan juga kami mengecek administrasi kepada kepemilikan senjata api tersebut, apakah sudah kadaluarsa apa tidak," tambahnya terkait pemeriksaan senpi milik anggota Polres Gresik(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES