Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Gebrakan Gibran di Kota Solo, Akan Bangun Disneyland

Selasa, 02 Maret 2021 - 16:58 | 142.96k
Informasi tentang gebrakan rencana hebat Gibran di Kota Solo tersebar melalui media sosial, WhatsApp. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)
Informasi tentang gebrakan rencana hebat Gibran di Kota Solo tersebar melalui media sosial, WhatsApp. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Informasi tentang gebrakan rencana hebat Gibran di Kota Solo tersebar melalui media sosial, WhatsApps. Salah satu informasi yang beredar, Gibran akan membangun Disneyland.

Berikut isi pesan Gebrakan Gibran yang beredar di WhatsApps:

cek fakta Gibran 2Sumber: Tangkapan layar WhatsApp

Waaaah warga Solo seneng bangeet nih.. 
Gebrakan Gibran.. 

Gibran langsung gebrakan rencana hebat ... 

1. Pasar Nusukan akan dibongkar dijadikan pasar kuliner tradisionil...

2. Simpang trafik komplang akan dibangun Disnayland

3. Sriwedari dibangun pasar seni.. utk theatre, konser dll..menyamai gd Colomadu.....yg dulu Prnh dibuat konser David Foster...

4. Krembyongan akan dibangun tempat pacuan kuda...

5. Rmh duka tionting dipindahkan di kawasan bonoloyo.

6. gd Batari dipugar utk musium batik solo raya

7. Stasiun kecil bonorejo utk KRL

-Semua proyek akan ditangani sektor swasta dr Japan Corperation Agency...
-Wilayah kodya ska akan dikurangi jml ranmor..
-bidang transportasi akan ditingkatkan dng semboyan ramah lingkungan....
-sepeda kayuh akan disemarakan tanpa plombir..
-kawasan jln raya Slamet Riyadi bebas polusi, asap rokok, sampah ▪️disetiap trotoar hanya utk pejalan kaki & para desabilitas...

8. kraton mutlak utk cagar budaya & pusat pendidikan Budi pekerti/mulok.

9. Loji Gandrung utk publik relation

-solo hrs bebas dari miras, judi, pelacuran & maksiat lainnya serta intoleransi...
-Hubungan lintas agama, budaya akan dibentuk secara sinergi yg kuat sesuai tradisi setempat sprti  jmn dulu kala....
-jargon Solo Berseri akan dirubah menjadi "SOLO YG RAMAH".. -banggalah menjadi warga Solo siapapun wali kotanya...

CEK FAKTA 

Hasil penelusuran TIMES Indonesia informasi tentang gebrakan rencana hebat Gibran di Kota Solo merupakan informasi hoaks. Informasi tersebut bukan fakta yang sebenarnya. Tidak ada bukti yang mendukung informasi tersebut.

Penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia melalui mesin pencari, informasi tersebut telah diklarifikasi oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. 

Ia menyebutkan bahwa informasi terkait gebrakan Gibran merupakan informasi hoaks. Putra Presiden Joko Widodo itu langsung menampik isi pesan WhatsApp (WA) yang tersebar luas tersebut.

"Salah. Itu ngawur banget. Masak di Simpang Komplang ada Disneyland. Gak," ucap dia, Senin (1/3/2021).

Isi pesan WA, sambung Gibran, tidak sesuai dengan visi-misi yang disampaikannya waktu debat Pilkada 2020 lalu.

cek fakta Gibran 3Sumber: Beredar Hoaks Program Kerja Wali Kota Solo, Akan Bangun Disneyland, Gibran: Itu Ngawur Banget | Tribunnews

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga melakukan penelusuran terkait program kerja Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa saat mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surakarta. Pasangan Gibran-Teguh menyusun delapan program unggulan. Menurut data dari Solopos, Program ini disusun untuk memajukan Kota Solo dan menyejahterakan masyarakat.

Program pertama mereka bangkit dari pandemi Covid-19. Caranya dengan memastikan seluruh program pemerintahan termasuk quick wins pada tahun pertama, untuk pemulihan ekonomi, menjaga daya beli masyarakat dan kesehatan melalui lima kegiatan.

Lima kegiatan itu yakni pendataan dan konsolidasi program bantuan sosial untuk warga miskin dan rentan miskin, baik yang berasal dari Pemkot, Pemprov, dan pusat. Ada juga kegiatan memfasilitasi pelaku UMKM agar mendapat restrukturisasi kedit. Pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 akan diberi sarana usaha.

Program unggulan kedua Gibran-Teguh yakni penggalian sumber pendapatan baru daerah dan alokasi anggaran pembangunan yang tepat sasaran dan prioritas melalui lima kegiatan pokok, di antaranya memanfaatkan stimulus dari pusat.

Kegiatan lain seperti revitalisasi badan usaha milik daerah melalui revaluasi aset dan penggalian usaha baru, pengembangan dan peningkatan investasi daerah, peningkatan efisiensi dan efektivitas penyusunan program berdasar agenda prioritas.

Program unggulan ketiga Gibran-Teguh di bidang pendidikan dan kesehatan melalui 10 kegiatan prioritas. Seperti dengan penyelenggaraan wajib belajar 12 tahun, pengembangan sarpras pendidikan, pengembangan pendidikan usia dini.

Akses pendidikan dasar dan pemberian beasiswa kuliah kepada anak dari keluarga tidak mampu, pengembangan pendidikan budi pekerti dalam pembinaan akhlak, termasuk etika dan estetika sejak dini (anak-anak) di kalangan para peserta didik.

Program unggulan lain Gibran-Teguh yaitu peningkatan sektor pariwisata dan industri kreatif, pembenahan tata ruang dan infrastruktur, investasi kebudayaan, pembinaan kepemudaan dan kesetaraan gender, serta kerja sama Soloraya.

cek fakta Gibran 4Sumber: 8 Program Unggulan Gibran-Teguh Majukan Solo & Sejahterakan Rakyat | Solopos

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengena gebrakan rencana hebat Gibran, merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang gebrakan rencana hebat Gibran masuk dalam kategori Fabricated Content (konten palsu).
Fabricated content ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung jawabkan secara fakta.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES