Indonesia Positif

Khofifah Ingatkan Gus Ipul Akan Potensi Wisata Kota Pasuruan

Selasa, 02 Maret 2021 - 14:03 | 27.11k
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri serah terima jabatan (sertijab) . (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri serah terima jabatan (sertijab) . (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Pasca melantik Kepala Daerah terpilih Senin (1/3/2021), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara maraton menghadiri serah terima jabatan (sertijab) Bupati/Walikota di 14 Kabupaten/Kota di Jatim.  Salah satunya adalah Kota Pasuruan.

Pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Adi Wibowo terpilih menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan periode 2021-2024. 

Khofifah berharap sinergitas antar pemerintah Kabupaten/Kota dengan Pemprov Jatim mampu menciptakan kolaborasi untuk kemajuan daerah. Ia meminta kepala daerah untuk menggalakkan gerakan bangga buatan Indonesia dan bangga wisata Indonesia. Khususnya Pasuruan, orang nomor satu di Jatim ini terus menggenjot pengembangan pariwisata di Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS) yang sangat potensial.

“Gunung Bromo ini diapit oleh empat daerah, Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang. Dan Kota Pasuruan menjadi perlintasan. Meskipun investasi lebih banyak di Kabupaten Pasuruan, tapi Kota Pasuruan dapat menyiapkan wisata budayanya,” urai Khofifah.

Menurutnya, format yang dipaparkan oleh Gus Ipul dalam kegiatan sertijab akan menjadi kekuatan baru di Kota Pasuruan, sehingga mampu merangkul para investor untuk berinvestasi.

Mendapat perhatian khusus dari Gubernur Khofifah, Gus Ipul menegaskan kesiapannya dan segera menindaklanjuti sebagai upaya peningkatan ekonomi daerah. Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini juga menyampaikan telah menyiapkan paket wisata demi memberikan daya tarik wisatawan. Sekaligus memaksimalkan seluruh energi pelaku UMKM yang ada di wilayah kepemimpinannya.

“Ini tantangan, ya. Untuk membuat Pasuruan menjadi lebih maju jadi salah satu kota yang bukan lagi menjadi beban provinsi tapi berkontribusi positif untuk provinsi. Dengan adanya tantangan itu, maka kami akan bekerja lebih keras," kata Gus Ipul.

Diketahui, banyak wisatawan yang butuh tempat transit, namun masalahnya fasilitas wisata yang mengakomodir hal ini belum maksimal. Gus Ipul juga memaparkan sembilan skala prioritas dalam 99 hari kepemimpinannya. Sehingga, program pemerintah daerah selaras dengan program pemerintah provinsi.

“Dalam 99 hari itu, kami akan merintis layanan digital, merevitalisasi dan mengintegrasikan alun-alun dan area skitar untuk saling mendukung, fasilitas kesehatan juga menjadi perhatian kami, meningkatkan wisata bahari, dan kami juga mencoba mengusahakan sekolah tatap muka," papar Gus Ipul.

Dikarenakan 90 persen lebih angket yang telah disebarkan, menginginkan sekolah tatap muka. Wali Kota Pasuruan ini juga menjelaskan bahwa karena Jawa Timur masih zona orange, maka Pemkot Pasuruan berkomitmen dalam tiga bulan kedepan ini Pasuruan agar menjadi zona hijau. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Robert Ardyan
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES