Peristiwa Daerah

Transformasi Digital, BI Malang Perkuat Kampanye Penggunaan QRIS

Selasa, 02 Maret 2021 - 13:57 | 33.57k
Kepala BI Malang, Azka Subhan, saat melakukan demonstrasi penggunaan QRIS. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Kepala BI Malang, Azka Subhan, saat melakukan demonstrasi penggunaan QRIS. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang (BI Malang) memperkuat kolaborasi serta kampanye penggunaan QRIS (Quick Response code Indonesia Standard) di berbagai wilayah.

Wilayah kerja BI Malang meliputi tujuh kota/kabupaten, yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo.

Bank Indonesia Malang 2

Menurut Kepala BI Malang, Azka Subhan, penggunaan QRIS masih didominasi area Malang Raya, khusunya Kota Malang dan Kabupaten Malang. Sedangkan sisanya masih terpantau minim.

"Kota Malang dan Kabupaten Malang sekitar 70-80 persen. Lima area lainnya sisanya yakni kisaran 20-30 persen. Jadi memang harus ditingkatkan lagi penetrasi dan campaign-nya," kata Azka, Selasa (2/3/2021).

Salah satu upaya campaign yang dilakukannya adalah sosialisasi program QRIS Go 12 juta merchant kepada penyelenggara jasa sistem pembayaran di Hotel Aria Gajayana, Jalan Kawi, Kota Malang, hari ini (2/3/2021).

Azka menjelaskan, program QRIS Go 12 juta merchant itu merupakan akumulasi dari tahun lalu yang ada di angka 6 juta. Tahun ini, kata dia, tersisa 6 juta lagi dari target total 12 juta.

"BI Malang 238 ribu. Saat ini kita sudah capai 130-an lah. Nambah lagi sekitar 110-an ribu mercant," imbuhnya.

Ia membeberkan, di wilayah kerja BI Malang, peningkatan jumlah merchant QRIS sangat signifikan yaitu sebesar 360,02%, dari 31 ribu merchant di 2019 menjadi 140 ribu di awal tahun 2021 dengan jumlah merchant terbanyak adalah Kota dan Kabupaten Malang sebanyak 110 ribu.

Bank Indonesia Malang 3

"Kondisi pandemi yang masih belum mereda membuat transformasi digital menjadi semakin penting terutama dari sisi pembayaran," jelasnya.

BI Malang mengapresiasi pihak PJSP QRIS bank dan non bank atas capaian dan semangatnya selama tahun 2020. Selanjutnya, triangle collaboration (BI, Pemerintah dan Industri) terus digenjot dan dilakukan untuk mendukung transformasi digital Indonesia melalui QRIS. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES