Indonesia Positif

BMH Jatim gerai Malang Bersama Dinsos Kabupaten Malang Sosialisasi Penanganan ODGJ

Selasa, 02 Maret 2021 - 10:00 | 35.04k
Humas BMH Jatim gerai Malang Ruwiyanto Memberikan Materi Tentang Penanganan ODGJ di Pendapa Kecamatan Pagak Malang, Senin (1/3). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Humas BMH Jatim gerai Malang Ruwiyanto Memberikan Materi Tentang Penanganan ODGJ di Pendapa Kecamatan Pagak Malang, Senin (1/3). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Program Rehabilitasi Sosial oleh Dinas Sosial Kabupaten Malang bersama BMH Jatim gerai Malang mulai dilakukan dengan memberikan sosialisasi penanganan dan pendampingan orang dengan gangguan jiwa di pendapa Kecamatan Pagak Kabupaten Malang, Senin (1/3).

Pelaksanaan kegiatan ini  dengan melaksanakan protokol kesehatan. Yaitu setiap peserta diwajibkan menggunakan masker, cuci tangan dan tempat duduknya juga berjarak. 

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Malang Retno Tri Damayanti mengungkapkan dipilihnya Kecamatan Pagak, karena daerah tersebut termasuk lokasi zona hijau. 

"Untuk 2021 kalipertama di Pagak, karena di sini termasuk lokasi yang aman dari Pandemi Covid 19," kata Retno. 

Retno berharap di setiap desa, yang berada di wilayah Kecamatan Pagak terbentuk posyandu jiwa sehingga menurutnya,  hal itu akan  lebih memudahkan dalam menangani dan memonitor orang yang mengalami gangguan jiwa.

"Sudah banyak posyandu jiwa yang ternyata bisa dan efektif memonitor masalah gangguan jiwa. Oleh karena itu penanganan gangguan jiwa, kami harapkan bisa memaksimalkan posyandu," jelas Retno.

"Kami sering menerima laporan terkait ODGJ, tapi kami sendiri tentunya tidak bisa menangani sendiri, karena di Dinsos tidak ada tim medisnya, pengamanan jika ODGJ nya mengamuk juga tidak ada," ungkap perempuan alumni Universitas Widyagama Malang tersebut.

"Dalam mengahadapi masalah ODGJ, bapak ibu harusnya melaporkan terlebih dahulu ke pemerintahan desa setempat, apalagi kalau ada yang menggangu bisa ke Babinsa dan Babinkantibmas supaya bisa menenangkan terlebih dahulu," lanjutnya.

Sementara itu, Humas BMH Jatim gerai Malang Ruwiyanto yang hadir sebagai narasumber menyampaikan kiprah lembaganya yang turut peduli dalam menangani ODGJ di Kabupaten Malang.  

"Penanganan Orang dengan gangguan jiwa atau  ODGJ harus berkesinambungan dan berkelanjutan dengan melibatkan berbagai pihak," kata Ruwi. 

Selama ini BMH Jatim gerai Malang telah membantu masyarakat kurang mampu khususnya yang mengalami gangguan jiwa mulai dari pembebasan Pasung, mengantar ke Rumah sakit serta memberikan pelatihan pasca rehabilitasi medis. 

"Pelatihan yang kami berikan tentunya yang mudah di kerjakan serta tidak membutuhkan banyak pikiran, seperti pembuatan batik ciprat, pembuatan keset yang bahan bakunya dari kain perca," terang Ruwi, Humas BMH Jatim gerai Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES