Kesehatan

Tak Hanya Bayam, Enam Sayuran Hijau ini Juga Ampuh Atasi Anemia

Selasa, 02 Maret 2021 - 04:20 | 142.50k
Daun Bayam, salah satu sayuran hijau yang dapat mengatasi anemia (FOTO: health.kompas.com)
Daun Bayam, salah satu sayuran hijau yang dapat mengatasi anemia (FOTO: health.kompas.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAnemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Zat besi tak hanya diperoleh daging merah, tapi juga dari berbagai sayuran hijau.

Bayam, salah satu sayuran hijau yang dikenal mengandung zat besi tinggi. Namun jika Anda bosan mengonsumsi bayam, beberapa sayuran hijua berikut ini juga mengandung zat besi. 

1. Daun Kelor

Daun-Kelor.jpg(FOTO: Freepik)

Pada 100 gr daun kelor, terdapat 28,29 mg zat besi. Selain itu daun kelor juga kaya akan vitamin A, C, kalium dan kalsium. 

Sebuah penelitian menyebutkan ekstrak daun kelor dapat meningkatkan hemoglobin pada remaja putri. 

2. Daun Katuk

Daun-Katuk.jpg(FOTO: Haibunda.com)

Jurnal Farmaka tahun 2018 menuliskan daun katuk memiliki potensi mencegah anemia karena dapat meningkatkan hemoglobin dan feritin (simpanan zat besi dalam tubuh). 

Klorofil dalam daun katuk juga berpotensi dapat digunakan sebagai antioksidan. Tiap 100 gram daun katuk memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu 185 mg, zat besi sebanyak 3,1 mg, serta serat sebanyak 1,2 gram.

3. Daun Lembayung

Daun-Lembayung.jpg

(FOTO: Bang-isman.com)

Daun kacang panjang atau disebut daun lembaung juga efektif untuk mengatasi anemia. Sebab pada setiap 100 gram daun kacang panjang mengandung 6,2 mg zat besi dan 29 mg vitamin C.

Studi yang dilaporkan dalam jurnal Kebidanan dan Kesehatan Tradisional tahun 2016 menyebutkan, pemberian suplementasi daun kacang terbukti secara signifikan meningkatkan kadar hemoglobin sampai 76 persen. 

4. Daun Ubi Jalar

Daun-Ubi-Jalar.jpg(FOTO: Chefinresidency.com)

Selama ini kita mengira jika daun ubi jalar dapat dikonsumsi ya. Daun ubi jalar mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Dikutip dari Indonesian Journal of Health Research tahun 2018 setiap 100 gr daun ubi jalar mengandung 117 mg kalsium, 1,8 mg zat besi, 3,5 mg karoten, 7,2 mg vitamin C, 1,6 mg vitamin E dan 0,5 mg vitamin K, vitamin B, beta-karoten.

5. Daun Singkong

Daun-Singkong.jpg(FOTO: Flickr/Nelindah)

Daun singkong juga baik untuk mengatasi anemia. Pada Jurnal Mitra Pendidikan tahun 2018 menyebutkan, daun singkong kaya akan kandungan nutrisi seperti zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Kandungan zat besi pada daun singkong sangat membantu dalam pembentukan sel-sel darah merah.

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada daun singkong juga berperan dalam meningkatkan penyerapan zat besi bagi tubuh.

6. Daun Pepaya

Daun-Pepaya.jpg(FOTO: halodoc.com)

Daun pepaya terkenal dengan rasanya yang pahit. Meski pahit, daun pepaya juga ampuh untuk mengatasi anemia. Sebab daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E, serta mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Kandungan zat gizi dalam daun pepaya seperti zat besi dan vitamin C dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Adanya vitamin C dapat meningkatkan absorpsi besi empat kali lipat lebih optimal saat digunakan pada proses pembentukan sel darah merah dan pembentukan hemoglobin.

Peningkatan nilai kadar hemoglobin selain disebabkan oleh zat besi dan vitamin C, juga karena adanya vitamin A. Vitamin A juga berpengaruh terhadap pembentukan hemoglobin. Vitamin A yang cukup akan meningkatkan nilai hemoglobin seiring dengan makin tingginya asupan sumber vitamin A.

Itulah sayuran hijau yang ampuh untuk mengatasi anemia. Jadi mana yang menjadi favorit Anda?. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES