Indonesia Positif

Mahasiswa KKN Undip Manfaatkan Daun Sirih untuk Sabun Cuci Tangan

Minggu, 28 Februari 2021 - 15:49 | 41.86k
Mahasiswa KKN Undip, Khansa Labiibah Adibah membagikan sabun cuci tangan daun sirih pada warga di Semarang. (Foto: Dok. Undip)
Mahasiswa KKN Undip, Khansa Labiibah Adibah membagikan sabun cuci tangan daun sirih pada warga di Semarang. (Foto: Dok. Undip)

TIMESINDONESIA, SEMARANG – Mahasiswa KKN Tim I (Universitas Diponegoro) Undip 2021 yaitu Khansa Labiibah Adibah mengadakan sosialisasi tentang pembuatan sabun cuci tangan dari ekstrak daun sirih di Desa Tembalang RT 04 RW 02, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Kegiatan tersebut merupakan program monodisiplin KKN UNDIP untuk mencegah penularan Covid-19.

Program ini dilaksanakan agar warga RT 04 RW 02 Kelurahan Tembalang dapat membuat sabun cuci tangan sendiri di rumah.

Daun sirih (Piper betle) mengandung sejumlah bahan aktif yang konsentrasinya bergantung pada jenis tanaman, musim, dan cuaca saat itu.

Namun yang jelas, daun sirih paling dikenal karena aromanya yang datang dari kandungan afenol (chavicol), yang juga dapat berfungsi sebagai zat antiseptik.

Daun sirih memiliki manfaat antara lain, mengatasi diare, mengobati luka lambung, mencegah karies gigi, menyehatkan alat reproduksi, menurunkan kolesterol, membantu penyembuhan luka bakar, dan masih banyak khasiat yang lain.

Kegiatan sosialisasi ini berupa pelatihan yang dilakukan di lantai 2 Masjid Al-Waqfiah Tembalang dan dihadiri oleh 15 Ibu PKK RT 04 RW 02 Tembalang.

Diawali dengan sosialisasi pentingnya melakukan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak), penjelasan fungsi dari bahan-bahan yang digunakan, lalu proses pembuatan sabun cuci tangan.

Program pelatihan pembuatan sabun cuci tangan dari ekstrak daun sirih disambut baik oleh Ibu Febru, selaku warga RT 04 RW 02 Kelurahan Tembalang.

“Pelatihan pembuatan sabun cuci tangan dari mahasiswa KKN Undip ini bermanfaat, saya dapat mengaplikasikannya sendiri di rumah sehingga mengurangi pengeluaran untuk pembelian sabun cuci tangan di masa pandemi,” ucap Febru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES