Peristiwa Daerah

Jaga Alam, Tagana Tanam 1000 Bibit Pohon Cemara Udang di Pantai Balekambang

Minggu, 28 Februari 2021 - 15:27 | 42.53k
Anggota Tagana Kabupaten Malang ketika menanam bibit pohon Cemara Udang. (Foto: Tagana Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)
Anggota Tagana Kabupaten Malang ketika menanam bibit pohon Cemara Udang. (Foto: Tagana Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 1000 bibit pohon Cemara Udang ditanam Tagana Kabupaten Malang bersama Kampung Siaga Bencana atau KSB di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Minggu (28/2/2021).

Koordinator Tagana Kabupaten Malang, Fatkhur Rozi mengatakan, ada dua KSB yang berpartisipasi dalam penanaman pohon tersebut. Yakni KSB Zebra Jaya dan KSB Bhakti Alam.

"Ini merupakan kepedulian kami terhadap keberlangsungan ekosistem dan kelestarian lingkungan yang ada di Pantai Balekambang," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada beberapa manfaat menanam bibit pohon cemara udang. Salah satunya adalah mencegah abrasi air laut sepanjang kawasan pantai selatan.

"Juga bisa meminimalisir efek rumah kaca," imbuhnya. Menurutnya, meski masih Pandemi Covid-19, tidak menghalangi bagi Tagana Kabupaten Malang bersama masyarakat untuk melakukan pelestarian lingkungan.

Tagana-Kabupaten-Malang-3.jpgTagana Kabupaten Malang bersama masyarakat membersihkan Pantai Balekambang. (Foto: Tagana Kabupaten Malang for TIMES Indonesia).

"Kegiatan ini merupakan sebagai langkah penghijauan. Karena Pandemi, kegiatan pelestarian lingkungan maupun penghijauan berkurang. Sehingga kami perlu lakukan kembali penghijauan," ungkapnya.

Masih kata Ali Usman, penanaman bibit pohon Cemara Udang tersebut nantinya bisa dilakukan di tempat lainnya terutama wilayah pantai Malang Selatan.

"Mungkin bisa kami lakukan di tempat lain. Terlebih dahulu dilakukan survei tempat lainnya yang membutuhkan ditanami bibit Cemara Udang tersebut,' terangnya.

Dia menegaskan, untuk penanaman 1000 bibit pohon Cemara Udang yang dilakukan Tagana Kabupaten Malang bersama KSB di Pantai Balekambang Kabupaten Malang ini menerapkan protokol kesehatan ketat, menjaga jarak dan memakai masker. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES