Gaya Hidup

Yuk, Kenali 12 Jenis Rambutan yang Ada di Indonesia

Minggu, 28 Februari 2021 - 15:00 | 948.54k
Ilustrasi rambutan Indonesia. (Foto: dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi rambutan Indonesia. (Foto: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Akhir-akhir ini kita sering menjumpai rambutan dijual di pinggir-pinggir jalan dan pasar, ya saat ini memang sedang musim rambutan. Buah rambutan memang menjadi buah yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Di Indonesia ada banyak sekali jenis rambutan.

Berikut 12 Jenis rambutan di Indonesia versi Kementerian Pertanian Republik Indoneia. 

1. Rambutan Binjai

Rambutan Binjai, adalah salah satu rambutan yang familiar sekali, rambutan jenis ini berasal dari Sumatera Utara, rambutan Binjai memiliki keunggulan pada cita rasa manis dan daging buahnya yang cukup tebal. Bentuk buah rambutan Binjai berbentuk bulat sedikit lonjong.

2. Rambutan Cimacan

Rambutan Cimacan berasal dari daerah Cianjur Jawa Barat. Jenis rambutan ini memiliki keunggulan pada tekstur daging buah yang lembut saat dikunyah. Ciri lainnya yang membedakan adalah kulit buah yang tipis dengan rambut lebih sedikit

3. Rambutan Lebak Bulus

Buah yang banyak dicari masyarakat karena kadar kandungan air yang tinggi untuk melepas dahaga ini berasal dari Lebak Bulus, Pasar Minggu, Jakarta. Cita rasa pada buah ini asam manis dan menyegarkan. Bentuknya  bulat dengan warna rambut merah ada sedikit kuning.

4.  Rambutan Si Bongkok

Rambutan jenis ini berasal dari Kalimantan Selatan. Memiliki ukuran buah cukup besar daripada jenis rambutan lainnya ,buah ini jika sudah matang berwarna merah tua kecoklatan berbentuk lonjong dan memiliki rambut yang halus. Daging  buah rambutan Si Bongkok berwarna putih bening bertekstur agak kering dan daging buahnya mudah terlepas dari bijinya.

5. Rambutan si Nyonya

Rambutan yang berwarna merah menyala dengan rambut yang cukup lebat ini memiliki penampilan yang sangat cantik dan menarik, oleh karena itu dinamakan rambutan si Nyonya. Buah rambutan ini mempunyai rasa yang dibilang kurang manis dan sedikit asam namun menyegarkan saat dimakan karena

6. Rambutan si Batuk Ganal

Rambutan unggulan yang berasal dari Sungai Andai Kalimantan Selatan ini memiliki keunggulan yang terletak pada ukuran buah yang besar dan kandungan air yang sangat melimpah buah rambutan ini berwarna merah kekuningan yang memiliki cita rasa sangat manis.

7. Rambutan Antalagi

Rambutan Antalagi merupakan salah satu jenis rambutan lokal terbaik di Indonesia asal Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Karena memiliki rasa buah manis serta aroma buah yang sangat harum dan kuat rambutan ini memiliki bentuk bulat memanjang sedikit pipih. Rambutan Antalagi dapat dikonsumsi langsung dalam keadaan segar.

8. Rambutan Rapiah

Rambutan Rpiah juga menjadi salah satu rambutan kesukaan masyarakat Indonesia. Walaupun buahnya kecil, jenis rambutan ini memiliki rasa yang sangat manis. Jika sudah matang rambutan rapiah memiliki perpaduan warna merah kuning dan hijau

9. Rambutan Narmada

Jenis rambutan ini merupakan rambutan unggulan kebanggaan warga Lombok NTB daging buahnya cenderung kenyal tidak lembek serta memiliki cita rasa buah sangat manis dan khas tampilan rambutan Narmada  sangat cantik yakni perpaduan warna kuning dan merah.

10. Rambutan Garuda

Rambutan Garuda juga berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan.  Daerah ini menjadi salah satu penghasil rambutan terbaik di Indonesia. Rambutan ini menawarkan sensasi rasa buah yang sangat manis dengan daging buah yang cukup tebal juga memiliki sedikit rasa gurih yang tidak ditemukan pada jenis rambutan lainnya.

11. Rambutan Kapulasan

Jenis rmbutan ini memiliki ciri khas yang terletak pada rambut buahnya yang sangat pendek kaku dan cukup tebal. Kulit pada buah ini berwarna merah kecoklatan. Rambutan kapulasan dikenal sebagai rambutan Babat.

12. Rambutan Bahrang

Rambutan jenis ini berasal dari daerah Langkat, Sumatera Utara. Jenis rambutan ini mempunyai ukuran yang lebih panjang dan rasa yang sangat manis juga lezat daging, buahnya berwarna sedikit kekuningan dan memiliki kandungan air yang sangat melimpah. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES