Peristiwa Daerah

Atasi Sampah di Pemukiman, Ini Langkah Sudin LH Kepulauan Seribu

Sabtu, 27 Februari 2021 - 21:41 | 45.16k
Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi Hartono. (FOTO: Dokumentasi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta)
Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi Hartono. (FOTO: Dokumentasi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Suku Dinas Lingkungan Hidup atau Sudin LH Kepulauan Seribu melakukan monitoring terkait pengurangan dan penanganan sampah di lingkungan permukiman.

Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi Hartono mengatakan, monitoring dilakukan menindaklanjuti Pergub No.77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga (RW).

Masyarakat-Membuang-Sampah.jpgIlustrasi - Masyarakat Membuang Sampah. (FOTO: Kominfotik Kepulauan Seribu) 

“Monitoring dilakukan di Bidang Pengelolaan Sampah RW 03 Kelurahan Pulau Untung Jawa Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Hasil monitoring penanganan sampah pilah meningkat, warga secara mandiri memilah sampah, mengumpulkan dan mengolahnya menjadi suatu yang bermanfaat melalui Reduce, Reuce dan Recycle," kata Djoko, dalam keterangan tertulisnya pada situs resmi Pemkab Kepulauan Seribu pada Sabtu (27/02/2021).

Djoko menjelaskan, Bidang Pengelolaan Sampah RW 03 Kelurahan Pulau Untung Jawa tersebut merupakan salah satu dari tujuh Bidang Pengelolaan Sampah RW percontohan yang ada di Kepulauan Seribu, yang oleh masing-masing kelurahannya telah mendapatkan SK kepengurusan.

"Tujuh Bidang Pengelolaan Sampah tersebut diantaranya RW 04 dan RW 05 Pulau Pramuka, RW 01 dan RW 02 Pulau Harapan, RW 01 dan RW 02 Pulau Tidung serta RW 03 Pulau Untung Jawa," terangnya.

Djoko menambahkan, melalui Bidang Pengelolaan Sampah tersebut, warga bisa memanfaatkan sampah organik menjadi kompos, makanan ternak, dan rumah maggot (BSF), sementara sampah anorganik mereka jual ke bank sampah.

"Kita berharap dari 24 Bidang Pengelolaan Sampah tingkat RW yang sudah ada di enam kelurahan di Kepulauan Seribu bisa mencontoh tujuh Bidang Pengelolaan Sampah yang saat ini sudah efektif berjalan tersebut," harap Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Djoko. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES