Peristiwa Nasional

Pengaspalan Sirkuit MotoGP Mandalika Dimulai

Sabtu, 27 Februari 2021 - 21:36 | 48.70k
PT ITDC mulai melakukan pengaspalan pertama sirkuit MotoGP Mandalika, sepanjang 4,31 km. (FOTO: ITDC for TIMES Indonesia)
PT ITDC mulai melakukan pengaspalan pertama sirkuit MotoGP Mandalika, sepanjang 4,31 km. (FOTO: ITDC for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mulai melakukan pengaspalan Sirkuit MotoGP Mandalika sepanjang 4,31 Km.

Pengaspalan lapisan pertama (AC-Base) Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika dimulai pada lintasan sepanjang 390 meter dan akan dilanjutkan ke panjang lintasan selanjutnya.  

Pengaspalan lapisan pertama lintasan JKK secara keseluruhan ditargetkan rampung pada bulan Maret 2021, kemudian dilanjutkan lapisan kedua (AC-Binder), hingga lapisan terakhir (Surface SMA). 

PT-ITDC-2.jpg

Aspal lapisan pertama (AC-Base) ini diproses menggunakan Asphalt Mixing Plant (AMP) yang dibangun PT PP (Persero) di area site facility untuk proyek JKK. 

AMP yang digunakan adalah Lintec seri CSD 3000 berkapasitas maksimal 240 ton/jam dan saat ini merupakan AMP dengan kapasitas terbesar yang ada di Indonesia.  

Sebagai informasi, AMP adalah alat untuk memproduksi aspal yang akan digunakan untuk lapisan aspal dasar hingga akhir, yaitu mulai AC-Base, AC-Binder, hingga Surface SMA. 

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo mengatakan, pengaspalan lapisan pertama ini sesuai dengan jadual kerja yang telah ditetapkan, dengan target rampung pada bulan Maret. Kemudian, akan dilanjutkan dengan pengaspalan lapisan kedua dan terakhir pada tiga bulan selanjutnya. 

PT-ITDC-3.jpg

"Kami optimistis pembangunan JKK dapat selesai sesuai dengan target dan homologasi dapat dilaksanakan pada pertengahan tahun ini," kata Arie, melalui siaran tertulis, Sabtu (27/2/2021).

Guna memastikan kualitas pengaspalan dan penyelesaian sesuai target, ITDC memantau perkembangan dan progres harian secara ketat melalui MGPA.  

MGPA merupakan unit usaha ITDC yang secara khusus mengelola JKK, termasuk melakukan pemantauan perkembangan pembangunan, perawatan dan penyelenggaraan event yang akan digelar di area tersebut.

"Dan dapat kami sampaikan bahwa proyek ini juga merupakan pembangunan street circuit untuk event MotoGP Mandalika dengan masa konstruksi tercepat di dunia," kata Arie saat proses pengaspalan Sirkuit MotoGP Mandalika. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES