Kuliner

Cara Olah Brokoli Tetap Renyah dan Kaya Kandungan Gizi

Minggu, 28 Februari 2021 - 02:22 | 65.38k
Sayuran Brokoli (FOTO: id.pinterest.com)
Sayuran Brokoli (FOTO: id.pinterest.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTABrokoli. Siapa yang tidak mengenal sayuran ini? Brokoli mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serat dan anti oksidan untuk mencegah kanker di tubuh kita. Sayuran renyah ini masih terkait dengan kembang kol. Bagian yang dapat dimakan adalah kepala bunga yang berwarna hijau.

Namun tahukah Anda cara mengolah brokoli dengan tepat agar tetap renyah dan kaya gizi?  Berikut cara mengolah brokoli agar tetap renyah dan kandungan vitamin tetap terjaga:

1. Bersihkan brokoli dengan menggunakan air mengalir lalu rendam ke dalam air garam untuk menghilangkan pestisida dan hama-hama di dalam sayuran tersebut selama kurang lebih 30 menit. 

2. Hindari memasak brokoli terlalu lama sebab dengan pemanasan yang terlalu panas brokoli akan melepaskan vitamin vitamin yang terkandung di dalamnya.

3. Memakan brokoli mentah dengan berbentuk salad adalah pengolahan yang paling baik. Karena tidak ada pemanasan dalam proses tersebut sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita terpenuhi. 

Nah, setelah tahu cara mengolahnya, Anda juga perlu mengetahui beberapa khasiat di dalam brokoli. Berikut manfaat brokoli untuk kesehatan.

Sumber Makanan Anti kanker

Berbagai kandungan yang terdapat dalam brokoli yaitu fito-nutrien adalah zat anti kanker lalu vitamin C, A dan E serta potasium
Kandungan ini dapat berperan sebagai antioksidan dan mampu memperlancar metabolisme untuk mencegah inflamasi pada tingkat sel untuk fase awal pertumbuhan kanker. 

Meningkatkan Kesehatan Kulit 

Kandungan vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin E pada brokoli membantu regenerasi kulit yang rusak. Sedangkan  vitamin A dan K dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. 

Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Kandungan mineral dari brokoli dapat membantu memperlancar aliran darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu beberapa nutrisi digunakan tubuh untuk memproduksi insulin guna menyeimbangkan gula darah. 

Baik untuk Pencernaan 

Kandungan serat dalam Brokoli dapat membantu mencegah sembelit. Dan beberapa vitamin seperti magnesium mengurangi asam lambung sehingga dapat memperbaiki penyerapan nutrisi oleh tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES