Kuliner

Nasi Liwet, Kuliner Khas Majalengka yang Gurih dan Nikmat

Sabtu, 27 Februari 2021 - 16:33 | 178.44k
Paket nasi liwet ala wisata alam Curug Cipeuteuy, Majalengka. (Foto: Curug Cipeuteuy for TIMES Indonesia)
Paket nasi liwet ala wisata alam Curug Cipeuteuy, Majalengka. (Foto: Curug Cipeuteuy for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, melainkan juga kaya dengan berbagai kuliner. Salah satunya, ialah nasi liwet. Bahkan, nasi liwet Majalengka ini tidak hanya sekedar hidangan saja, namun juga terkandung cerita menarik dibaliknya.

Berawal dari upaya penghematan atau biasa disebut dengan istilah tirakat, kini nasi liwet Majalengka hadir di berbagai kalangan tempat makan mulai dari pinggir jalan sampai restoran modern. Seperti di RM Saung Eurih Majalengka.

Paket nasi liwet ala wisata alam Curug Cipeuteuy b

Tak hanya di situ saja, saat ini diberbagai tempat obyek wisata di Kabupaten Majalengka, juga menyediakan paket nasi liwet untuk memanjakan lidah para wisatawan. Seperti, di obyek wisata Alam Curug Cipeuteuy, Majalengka.

Beberapa pengunjung lebih suka nasi liwet yang dihidangkan langsung di dalam ketel, karena terasa lebih nikmat. Ditambah pula dengan hidangan pendamping lain seperti lauk yang digoreng maupun dibakar atau bisa juga sayur.

Sementara cara proses memasak nasi liwet Majalengka atau sering dikenal sebutan 'Ngaliwet', pada umumnya menggunakan ketel atau panci terbuat dari perunggu atau baja, nasi dan air dimasak dengan bumbu-bumbu yang meliputi garam, bawang, daun salam, sereh, lengkuas, cabe, minyak dan lainnya.

Apalagi jika nasi dengan rasa gurih pedas disajikan dengan beragam lauk, seperti ayam goreng dan bakar, sambal oncom, aneka pepesan, ikan dan udang goreng serta lalap sayuran segar. Namun, nasi liwet paling seru dimakan ramai-ramai bareng keluarga.

Paket nasi liwet ala wisata alam Curug Cipeuteuy c

Kumpul bareng keluarga di akhir pekan bisa sambil makan nasi liwet. Karena, hidangan nasi yang biasa kita konsumsi memiliki cerita menarik dibaliknya itu, juga menarik untuk diketahui dan dipahami sebagai bagian dari budaya Indonesia. Tentunya kenikmatan nasi liwet Majalengka juga patut diapresiasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES