Peristiwa Daerah

Tim Sibat Sirukem Banjarnegara Sosialisasikan 5M Lewat Musik Hadrah

Sabtu, 27 Februari 2021 - 12:29 | 41.80k
Tim Sibat Desa Sirukem, Kalibening sosialisasikan prokes covid-19 dengan musik hadrah. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)
Tim Sibat Desa Sirukem, Kalibening sosialisasikan prokes covid-19 dengan musik hadrah. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Berbagai upaya dan inovasi terus dilakukan tim siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) Desa Sirukem Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah dalam  sosialisasi pencegahan covid-19 kepada masyarakat sekitar. Salah satunya lewat musik hadrah.

Tim Sibat ngamen menggunakan media musik hadrah dan gambus dengan syair edukasi tentang Protokol kesehatan. "Ini adalah bagian dari kampanye kesehatan menuju masyarakat Sirukem sehat," kata Koordinator Team Sibat Desa Sirukem, Kecamatan Kalibening Anto Waluyo, Sabtu (27/2/2021).

Tim Sibat Desa Sirukem b

Menurutnya, edukasi dan promosi kesehatan dengan metode ngamen ini diharapkan lebih santai tidak monoton dan dapat menghibur masyarakat sehingga maksud dan tujuannya dapat langsung kena secara langsung.

"Kami mengajak masyarakat untuk enjoy dan santai bergoyang, menyanyi bersama sambil mengingat ingat tentang perilaku hidup sehat agar kita terhindar dari penyakit," jelas Anto.

Pola metode ini, kata Anto Waluyo selain sebagai hiburan juga merupakan cara agar lebih menarik masyarakat terutama remaja dan kaum muda agar bergandeng tangan bersama sama dalam memerangi pandemi Virus Covid -19.

Kegiatan ngamen dilakukan di lokasi atau tempat fasilitas umum dan tempat strategis tentunya dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.

Kepala Desa Sirukem, Rofik Afifudin menyambut baik upaya dan langkah yang dilakukan oleh Team Sibat dan berharap ide ide kreatif selalu muncul dari generasi muda dalam upaya memajukan desa dan membantu tugas pemerintah dalam masalah sosial kemanusiaan.

Tim Sibat Desa Sirukem c

Peran generasi muda khususnya Team Sibat di desa Sirukem telah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar dan berharap kedepan team akan terus kompak dan solid bergerak bersama membantu pemerintah desa sebagai mitra dalam upaya atau misi sosial kemanusiaan.

Terpisah ketua PMI Banjarnegara dr Amalia Desiana mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Tim Sibat Sirukem Kabupaten Banjarnegara terus menggalakkan sosialisasi Prokes Covid-19 dengan inovasi musik hadrah ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES