Glutera News

8 Manfaat Olahraga Angkat Beban Bagi Wanita

Sabtu, 27 Februari 2021 - 09:49 | 359.17k
glutera news.
glutera news.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wanita tentunya selalu ingin tampil menawan, tidak hanya dari segi rupa, tapi juga dari segi bentuk tubuh. Diet adalah solusi yang bagus bagi yang merasa tubuh mereka sudah kegemukan, namun mengimbanginya dengan melakukan fitness tentu hasilnya akan lebih afdol. Fitnes sebenarnya adalah jenis olahraga atau latihan fisik yang tidak hanya bisa dilakukan oleh para pria, karena pada dasarnya olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh para wanita yang mempunyai masalah dengan tubuh gemuk mereka.

Fitnes punya segudang manfaat bagi para wanita gemuk yang ingin menjaga kesehatan sambil mencapai berat tubuh ideal dan membentuk lekukan tubuh mereka. Program fitnes bukan hanya dapat membuat tubuh dapat terbentuk menjadi kekar seperti yang banyak pria tunjukkan, tapi ada manfaat-manfaat lain yang perlu dicek di sini.

1. Membuat Risiko Penyakit Berkurang

Seperti yang kita tahu, wanita dengan berat badan berlebih akan lebih rentan terserang penyakit serius dan ancaman penyakit tersebut bisa apa saja. Manfaat fitnes bagi wanita gemuk sangat dianjurkan untuk mengurangi risiko penyakit-penyakit mematikan, seperti halnya sakit jantung. Mungkin ada beberapa wanita yang tidak berani mencoba fitnes karena khawatir soal konsekuensi serta risiko yang terjadi selama program ini dilakukan, tapi sebenarnya mencoba fitnes yang simpel pun bisa menghindarkan kita dari serangan penyakit.

Baik diabetes maupun jantung akan jauh-jauh dari kita asalkan mengikuti program ini secara rutin. Ada efek yang dapat dirasakan oleh peserta program fitnes, seperti peredaran yang mulai lancar dan fungsi jantung pun akan menjadi lebih maksimal. Dengan fitnes jugalah kita dapat menyeimbangkan kadar gula darah sehingga diabetes bukan lagi menjadi penyakit yang seharusnya kita takutkan.

2. Membantu Metabolisme Tubuh dan Proses Detoksifikasi

Ada banyak faktor yang dapat memperlambat metabolisme tubuh, salah satunya aktivitas fisik yang rendah. Ketika metabolisme tubuh melambat, tubuh cenderung kesulitan memproses makanan untuk menghasilkan energi. Alhasil, terjadilah penurunan massa otot dan tubuh pun akan menimbun lebih banyak lemak.
Maka dari itu, melakukan olahraga fitness di gym dapat menjadi solusi yang tepat untuk membantu melancarkan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Meningkatnya metabolisme tubuh ini juga akan memperlancar detoksifikasi alias proses pembuangan racun-racun yang mengendap di dalam tubuh.

3. Mencegah Stres

Kegemukan dapat berawal dari stres. Kebanyakan wanita apabila stres lalu melampiaskannya ke makanan dengan makan camilan ini dan itu sehingga berat badan tahu-tahu langsung meningkat. Setelah tubuh melebar pun, stres tidak kunjung hilang dan mungkin malah tambah stres memikirkan bagaimana menurunkan berat badan. Untuk itulah fitnes bisa menjadi penyelamat yang akan membantu agar stres berkurang.

Stres karena hal-hal kecil pun sangat mungkin terjadi, tapi kalau menumpuknya malah bisa memengaruhi kesehatan diri sendiri. Latihan fisik seperti program fitnes dapat memberikan pencegahan terhadap stres. Kita akan dapat merasakan stres akan berkurang dengan melakukan fitnes di gym secara teratur. Di tempat fitnes jugalah kita akan bertemu dengan banyak orang yang kiranya malah bisa menjadi teman baru untuk berbagi pengalaman atau cerita apa saja.

4. Membakar Lemak

Orang yang gemuk memiliki timbunan lemak di dalam tubuh yang perlu dibakar. Fitnes adalah salah satu kegiatan yang akan membantu proses pembakaran lemak menjadi lebih mudah dan cepat. Walau porsi latihan fisik di gym tidaklah begitu banyak, jangan khawatir karena selalu akan ada hasilnya.

Contoh nyata yang kiranya dapat memotivasi adalah 3,5 pon pembakaran lemak bisa dicapai apabila melakukan angkat beban. Latihan fisik ini hanya perlu dilakukan seminggu tiga kali secara rutin dalam jangka waktu dua bulan demi hasil tersebut.

5. Menguatkan dan Menjaga Masa Otot

Menguatkan dan menambah ukuran otot merupakan manfaat latihan angkat beban yang populer. Saat melakukan olahraga ini, Anda akan menjadi lebih mudah melakukan berbagai hal lain. Selain itu, bentuk tubuh Anda juga akan semakin terlihat menawan.

Seiring bertambahnya usia, Anda akan kehilangan massa otot sebanyak tiga sampai delapan persen per 10 tahunnya. Latihan angkat beban dapat membantu mencegah penurunan massa otot dan menguatkan tulang-tulang Anda di hari tua nanti.

6. Membuat Kulit Lebih Kencang

Manfaat fitness di gym juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Hal ini terkait aktivitas fisik yang mampu membuat aliran oksigen dan darah mengalami peningkatan sehingga asupan nutrisi yang dibutuhkan kulit tercukupi dengan baik. Selain itu, produksi kolagen juga akan mengalami peningkatan. Sehingga kulit akan tampak merona dan terlihat lebih segar setelah olahraga.

7. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kerusakan tulang merupakan satu lagi jenis penyakit yang dapat dikurangi resikonya dengan rajin melakukan olahraga fitness. Olahraga fitness memang diketahui memiliki kualitas yang baik, khususnya dalam hal membantu tulang tubuh menjadi lebih mudah untuk bergerak. Belum lagi manfaat lain seperti tulang tubuh yang tidak memberatkan lagi saat bergerak.

Anda akan lebih mudah mengontrol tubuh anda dan tulang sebagai alat gerak anda. Tubuh yang semakin ringan pun akan semakin banyak mengurangi beban kerja dari tulang untuk menopang tubuh. Jadi tulang pun akan semakin sehat dan tidak mudah terkena sakit.

8. Membentuk Tubuh Lebih Indah

Bagi wanita khususnya, tubuh yang indah merupakan suatu idaman. Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh berlekuk di berbagai sisi dengan keindahan menawan yang menarik hati? Setiap orang pasti ingin memilikinya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan persiapan dan upaya untuk memastikan tubuh selalu terjaga bentuk indahnya. Hal ini salah satunya dapat dimiliki sebagai manfaat dari olahraga fitness.

Olahraga fitness akan melatih berbagai bagian tubuh anda, sehingga membuat tubuh anda menjadi lebih indah. Tidak akan ada kelebihan lemak yang kemudian membuat tubuh anda kurang mempesona.

Melakukan olahraga terutama akan bermanfaat jika dilakukan secara teratur. Lingkungan yang positif dan aktivitas sosial yang baik saat olahraga seperti fitness di gym dapat memotivasi Anda untuk lebih bersemangat dan rutin dalam berolahraga. Fitness di gym memberi peluang bagi Anda mendapatkan teman untuk saling memotivasi dalam berolahraga, terutama dengan adanya kelas-kelas latihan khusus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES