Kopi TIMES

Ngopi Pagi: Kontan

Minggu, 28 Februari 2021 - 08:19 | 54.53k
Noor Shodiq Askandar.
Noor Shodiq Askandar.

TIMESINDONESIA, MALANG – Sahabat ngopi pagi, setiap usaha yang kita lakukan insyaallah akan menuai hasil di kemudian hari. Begitu juga atas doa do akita juga akan dikabulkan oleh Allah swt. Mengenai kapan keberhasilan itu didapat dan kapan doa kita dijawab / diwujudkan oleh Allah swt, kita tidak tahu. Termasuk yang diwujudkan berapa prosen, hanya Allahlah yang maha tahu dan memutuskan segalanya.

Setelah usaha dilakukan dengan baik, dilanjutkan dengan doa yang dipanjatkan, maka kewajiban terakhir adalah mengembalikan semua keputusannya kepada Allah swt. Janji Allah swt, barang siapa yang bertawakkal kepada Allah swt, niscaya Allah swt akan memenuhi segala kebutuhannya.

Oleh karena itu berprasangka baiklah kepada Allah swt dan sekali kali berprasangka buruk kepada Allah swt. Sebuah hadits qudsi menyebutkan : Saya (Allah swt) ada prasangka setiap ummatku. Hadits ini menggambarkan bahwa jika kita berprasangka baik, maka insyaallah kebaikan juga yang akan di dapat. Begitu juga sebaliknya.

Bahkan dalam kehidupan nyata, Allah swt langsung memberikan apa yang kita angankan dan inginkan. Kita baru merencanakan sesuatu dan membicarakan bagaimana memperolehnya, Allah swt memberi secara langsung (kontan). Suatu saat penulis berkeinginan untuk membangun pola sedekah dengan memanfaatkan media social, kemudian merencakan untuk membeli segala peralatan yang dibutuhkan. Belum sampai satu bulan, datanglah pemilik gerai Ayam Nelongso tiba tiba menawarkan untuk pengadaan peralatan yang diperlukan untuk kepentingan tersebut. Tidak sampai satu minggu, sebagian besar peralatan tersebut kini telah tersedia dan siap digunakan. Begitu juga saat merapatkan bagaimana mengoperasionalkan alat alat ini, ternyata masih dibutuhkan satu perangkat computer dengan para aktivis Gerakan Sedekah dan Dakwah Sosial, tiba tiba ada whatsup yang masuk. Pemilik Meteor Cell tiba tiba menanyakan apa yang bisa dibantu. Singkat cerita pengadaan perangkat computer disanggupi dan ditanggung semua pembiayaan untuk pengadaannya.

Sungguh Allah swt maha tahu dan memutuskan apa yang mesti diberikan dalam upaya melancarkan usaha seseorang yang direncanakan dengan sungguh sungguh. Kehendaknya bisa diwujudkan langsung, bisa juga bertahap yang manusia tidak akan pernah tahu, sebelum betul betul dikabulkan dan diwujudkan. Kehendak Allah swt, adalah keputusan terbaik bagi ummat manusia.

Maka jangan sekali kali hilang kepercayaan kepada Allah swt. Jangan juga meragukan akan kuasanya. Kun fayakun, yang dikehendaki terjadi, maka terjadilah. Manusia hanya kuasa untuk menginginkan, meyakini bahwa Allah swt akan memutuskan yang terbaik. Ada kalimat bijak yang perlu terus kita renungkan, bahwa hasil insyaallah tidak akan pernah menghianati proses. Oleh karena itu, jalani prosesnya, maka niscaya manusia akan mendapatkan hasilnya sesuai dengan kehendak Allah swt. Bagaimana dengan sahabat ngopi pagi semua ?(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES