Kuliner

Yuk Intip, Cara Pembuatan Sambal Terasi Ala Mojang Cirebon

Sabtu, 27 Februari 2021 - 07:00 | 68.74k
Nikmati cita rasa sambal terasi yang menggugah selera. (Foto: Freepik)
Nikmati cita rasa sambal terasi yang menggugah selera. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, CIREBONSambal menjadi salah satu saus khas Indonesia, yang berbahan utama dari cabai dan menjadi salah satu kuliner yang wajib dihidangkan di meja makan sebagai pelengkap.

Rasanya tak lengkap jika makan tidak dihidangkan sambal beserta lalabannya. Karena, bagi sebagian masyarakat Indonesia makanan akan terasa lebih nikmat jika ada sambal.

Setiap daerah di Indonesia memiliki ragam kuliner yang berbeda. Meskipun terkadang ada beberapa jenis makanan yang sama, tetap saja untuk rasanya memiliki ciri khas tersendiri.

Sambal di setiap daerah mempunyai keistimewaan masing-masing baik dari cita rasa, cara pembuatan, ataupun bahan tambahannya.

Salah satu Mojang Cirebon, Wiwit M.H mengatakan sambal menjadi salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan ketika makan. Karena sambal bisa menambah kenikmatan selera makan.

Sambal-2.jpg(Foto: Femina)

"Sambal sendiri memiliki beberapa macam, dengan cita rasa khas Nusantara salah satunya yang menjadi favorit itu adalah sambal terasi," ujarnya, Jumat (26/2/2021).

Ia membagikan tips cara membuat sambal terasi, berikut tips membuat sambal terasi yang nikmat.

Bahan pokok dalam membuat sambal adalah cabai, dalam pembuatannya bisa memakai cabai setan, cabai rawit dan cabai merah.

Lalu, tambahkan tomat dan bawang merah. Bisa juga menambahkan bawang putih sesuai dengan selera.

Setelah bahan pokok sudah disiapkan, lalu digoreng sampai semuanya matang.

Kemudian, setelah selesai digoreng campurkan bahan-bahan tersebut kedalam cobek dengan ditambahkan bumbu penyedap lainnya.

Seperti gula jawa, garam, micin dan juga tidak lupa untuk memasukan terasi. Setelah bahan-bahan dijadikan satu, lalu di uleg.

"Dalam membuat sambal memang kita buat sesuai dengan selera ya, walaupun bahan sama tetapi soal rasa belum tentu sama," ujarnya.

Setelah semua bahan di uleg sambal yang bisa langsung dinikmati. Bisa juga langsung dihidangkan dengan tambahan lalaban seperti kol, timun, dan daun kemangi.

Agar makan sambal menjadi nikmat, tambahkan lauk seperti tempe, tahu, ikan asin, dan sayur asem sebagai menu makanan yang menggugah selera anda.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Satria Bagus

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES