Peristiwa Daerah

Ribuan Warga di Majalengka Menderita Katarak

Jumat, 26 Februari 2021 - 20:15 | 32.06k
Warga Kabupaten Majalengka telah menjalani operasi katarak gratis yang diselenggarakan Pemkab Majalengka. (Foto: Protokoler Pemda Majalengka for TIMES Indonesia)
Warga Kabupaten Majalengka telah menjalani operasi katarak gratis yang diselenggarakan Pemkab Majalengka. (Foto: Protokoler Pemda Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Sebanyak 1.500 orang di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menderita katarak. Para penderita pada umumnya didominasi oleh kaum laki-lakil yang usianya sudah setengah abad.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Gandana Purwana mengatakan penyakit tersebut akan selalu ada selagi masih adanya orang yang masuk kategori lanjut usia (lansia).

Majalengka-operasi-katarak-2.jpg

Sebab, penyakit katarak ini cenderung indeks ke orang tua. "Di Kabupaten Majalengka sendiri, penderita katarak berjumlah 1.200 orang," ungkap Gandana, Jumat (26/2/2021).

Menurut Gandana, saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, dalam hal ini Dinas Kesehatan akan semakin pro aktif terhadap para penderita katarak tersebut. Termasuk, akan kembali menggelar kegiatan operasi katarak gratis pada bulan Juni 2021 mendatang.

"Hal itu dilakukan demi mengurangi beban mereka dan masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala," jelasnya.

Majalengka-operasi-katarak-3.jpg

Untuk penderita katarak sendiri, Gandana menambahkan biasanya didominasi oleh kaum laki-laki. Sebab, laki-laki biasanya banyak melakukan pekerjaan di luar rumah, seperti di Majalengka yang banyak angin, sehingga bisa saja terinfeksi.

"Tapi kembali, penyakit katarak ini lebih indeksnya ke usia," tukasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES