Peristiwa Nasional

Mr D One Finger: Sketsa dan Musik adalah Imajinasi Bunyi yang Berpikir

Jumat, 26 Februari 2021 - 19:30 | 492.49k
Salah satu karya dari Doddy Hernanto atau yang akrab dikenal Mr. D One finger. (Foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Salah satu karya dari Doddy Hernanto atau yang akrab dikenal Mr. D One finger. (Foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sketsa dan Musik adalah Imajinasi Bunyi yang Berpikir, menjadi sebuah kalimat yang terucap dari Doddy Hernanto atau yang dikenal Mr D One Finger, dalam memperingati hari ulang tahun Victor Hugo, 26 Februari 2021.

Mr D menyampaikan bahwa kalimat terinspirasi dari penulis ternama Perancis, Victor Hugo. Ia menyampaikan Victor-Marie Hugo lahir pada 26 Februari 1802 dan meninggal 22 Mei 1885 pada umur 83 tahun. Ia merupakan salah satu penulis aliran romantisme pada abad ke-19 dan sering dianggap sebagai salah satu penyair terbesar Prancis. 

"Karya-karyanya yang paling terkenal adalah novel Les Misérables dan Notre-Dame de Paris. Karya puisinya yang dianggap sangat menonjol diantaranya adalah Les Contemplations dan La Légende des siècles," kata Mr D One Finger.

Ia menyampaikan bahwa meski sangat konservatif pada masa mudanya, pada usia tua, ia berpindah ke aliran kiri. Ia menjadi pendukung aliran republikanisme dan Uni Eropa. Hasil karyanya menggambarkan hampir semua isu politik dan sosial, serta kecendrungan artistik pada zamannya.

"Saya terinpirasi quotenya Victor Hugo: musik adalah bunyi yang berpikir", kata Mr D One Finger.

Mr D One Finger juga menyampaikan bahwa salah satu imajinasi karakter yang mungkin dikenal ialah Quasimodo dan Esmeralda. Karakter Walt Disney, yang keluar dari imajinasi Victor Hugo, dalam film Beauty and the Beast.

"Quasimodo et Esmeralda une invention de Walt Disney ? Et bien non ! Ces personnages sortent de l’imagination de Victor Hugo, le célèbre écrivain français dont on fête aujourd’hui l’anniversaire de la naissance, le 26 février (Apakah Quasimodo dan Esmeralda merupakan penemuan Walt Disney? Tidak! Karakter-karakter ini keluar dari imajinasi Victor Hugo, penulis terkenal Prancis yang ulang tahun kelahirannya dirayakan hari ini pada 26 Februari. red)," kata Mr D. 

Insipirasi itu membuatnya menemukan gagasan dari kecintaannya pada sketsa dan musik. Mr D One Finger memang dikenal dengan kreatifitasnya menggabungkan seni dan digital. Bahkan di masa pandemi ini, ia pun sempat merilis  Album Alphabeti, pada tahun 2020.

Album ini berisikan tujuh pesan kehidupan. Mr D mengungkapkan bahwa karya terbaru ini terinspirasi dari sosok RMP Sosrokartono. Kakak kandung RA Kartini tersebut membumikan keteladanannya kepada masyarakat luas. 

Selain bermusik, Mr D One Finger pun juga sempat menampilkan pameran karya sketsa bergerak. Berbeda dengan sebelumnya, pameran bertajuk Diam Bergerak ini akan berlangsung secara online perdana.

"Karena saya suka Sketsa dan musik, maka gagasan yang saya geluti bisa tercipta quote. Sketsa dan Musik adalah imajinasi bunyi yang berpikir,” pungkas Doddy Hernanto atau yang dikenal Mr D One Finger.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES