Peristiwa Nasional

Menko Luhut Resmikan TP3SR Hasil Kolaborasi Nestle dan Pemkab Pasuruan

Jumat, 26 Februari 2021 - 18:31 | 51.00k
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan meresmikan  via virtual TP3SR (Foto: Tangkapan Layar)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan meresmikan via virtual TP3SR (Foto: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi RI (Menkomarvest RI) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) yang merupakan kerja sama Pemkab Pasuruan dan Nestle.

Didasari fakta bahwa Indonesia memiliki indeks kepedulian rendah terhadap lingkungan. Hal ini menyebabkan terganggunya ekosistem di darat maupun di laut. Dan saat ini pemerintah tengah konsen dalam pengelolaan sampah plastik.

Kolaborasi project STOP TPS3R ini bertujuan membantu mencegah 1500 ton sampah terbuang ke laut. Peresmian dua fasilitas TPS3R ditandatangani langsung oleh Luhut pada Jumat (26/2/2021).

Luhut menjelaskan bahwa pembangunan pengelolaan sampah di Pasuruan perlu upaya pendampingan. Terutama agar membentuk budaya baru di tengah masyarakat sehingga mereka memiliki kepedulian tinggi dalam pengelolaan sampah.

Webinar-Menko-2.jpg

"Diharapkan ini menjadi bisnis baru dan mengubah kesadaran masyarakat mengenai sampah hingga terus mendorong dan menambah ekonomi sekitar," ungkap Luhut. 

Ia menambahkan, pengelolaan sampah merupakan program yang menghabiskan banyak dana tetapi hal ini juga bermanfaat bagi ekosistem sekitar dan generasi mendatang. "Untuk lebih baik, mulai dari pengelolaan sampah sampai kebersihan lingkungan itu sendiri," imbuhnya. 

Luhut mencontohkan, kepedulian lingkungan dapat diterapkan dengan hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya hingga memilah sampah rumah tangga menjadi organik dan non organik. Hal ini mendorong proses pengelolaan sampah lebih cepat dan lebih baik.

"Pemerintah berharap ada produk baru untuk menggantikan plastik yang dapat dicerna ekosistem laut dan bahan tersebut tidak menimbulkan gangguan kesehatan karena berbahan dasar organik," ujar Luhut Binsar Pandjaitan dalam peresmian TP3SR kolaborasi Pemkab Pasuruan dan Nestle. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES