Tekno

Survei: Warga Indonesia Paling Tak Sopan di Internet

Jumat, 26 Februari 2021 - 11:52 | 35.45k
Ilustrasi internet. (FOTO: Itworks.com)
Ilustrasi internet. (FOTO: Itworks.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Warga Indonesia adalah paling tidak sopan dalam penggunaan internet. Hal itu setelah Microsoft merilis laporan terbaru Digital Civility Index (DCI).

DCI mengukur tingkat kesopanan digital pengguna internet dunia saat berkomunikasi di dunia maya. Temuan terbaru, warganet Indonesia paling tidak sopan di wilayah se-Asia Tenggara.

Diketahui, tingkat kesopanan warganet Indonesia memburuk delapan poin ke angka 76, di mana semakin tinggi angkanya tingkat kesopanan semakin buruk. Urutan pertama dihuni oleh netizen Singapura yang juga menempati peringkat keempat secara global, dengan total 59 poin.

Negara tetanga, Malaysia ada di urutan kedua dengan 63 poin, diikuti oleh Filipina 66 poin. Thailand menduduki posisi keempat dengan 69 poin, disusul Vietnam di urutan kelima dengan 72 poin, tepat berada di atas Indonesia.

Microsoft tidak memaparkan laporan DCI untuk negara Asia Tenggara lainnya. Kemunduran tingkat kesopanan paling banyak didorong pengguna usia dewasa dengan persentase 68 persen. Sementara usia remaja disebut tidak berkontrubusi dalam mundurnya tingkat kesopanan digital di Indonesia pada 2020.

Ada tiga faktor yang memengaruhi risiko kesopanan di Indonesia. Paling tinggi adalah hoaks dan penipuan yang naik 13 poin ke angka 47 persen. Kemudian faktor ujaran kebencian yang naik 5 poin, menjadi 27 persen. Dan ketiga adalah diskriminasi sebesar 13 persen, yang turun sebanyak 2 poin dibanding tahun lalu.

Sementara itu, selama pandemi, empat dari 10 responden mengaku tingkat kesopanan digital di Indonesia membaik. Hal itu didorong oleh rasa kebersamaan yang lebih besar di saat pandemi dan melihat warganet saling tolong-menolong secara online.

Namun, lima dari 10 responden juga mengaku pernah terlibat perundungan, di mana 19 persen responden mengaku sebagai target perundungan. Meilenial adalah generasi yang paling terpukul akibat perundungan dengan persentase 54 persen. Itulah tingkat kesopanan pengguna Internet di Indonesia yang dirilis oleh DCI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES