Pendidikan

MAN 2 Gresik Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi, Ini Rahasianya

Jumat, 26 Februari 2021 - 09:22 | 137.21k
MAN 2 Gresik. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
MAN 2 Gresik. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Meski di tengah pandemi Covid-19, Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik, Jawa Timur (MAN 2 Gresik) tetap berprestasi. Salah satu rahasia madrasah yang berlokasi di Kecamatan Benjeng ini adalah memberikan pembelajaran daring serta pembinaan intensif bagi siswa dan guru.

Dalam lomba POSI GOT TALENT yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia pada 20 Februari 2021. MAN 2 Gresik mendapat tiga medali perak dan satu medali perunggu. 

Sementara di ajang, di ajang Madrasah Olimpiad Contest yang diselenggarakan oleh Edu Campuss tanggal 21 Februari 2021 yang meraih 4 medali perunggu. Tak hanya dua ajang ini, MAN 2 juga berjaya di sejumlah lomba lain yang dilakukan secara daring (Online).

MAN-2-Gresik-2.jpg

Kepala MAN 2 Gresik Samari mengatakan, sejumlah prestasi yang diraih dapat memicu siswa yang lain untuk berprestasi. Pandemi tidak boleh menjadi penghalang untuk meraih prestasi. 

Pembelajaran daring yang dilakukan tentu mengedepankan kualitas. Para guru dituntut untuk melakukan inovasi pembelajaran digital sehingga siswa-siswi tetap bisa memahami apa yang disampaikan guru.

"Justru di masa seperti, kesempatan belajar lebih banyak karena banyak waktu di rumah, siswa dan guru terus ditempa agar berprestasi," katanya, Jumat (26/2/2021).

Samari menerangkan, sejumlah resep yang dilakukan sekolah diantaranya melakukan pembinaan secara masif dimulai dengan guru. Selain itu, MAN 2 juga menggandeng alumnu yang tersebar di perguruan tinggi negeri untuk melakukan pendampingan.

Kemudian, pihak sekolah juga menggandeng pihak ketiga yakni salah satu lembaga belajar yang teruji mengantarkan siswa memenangkan sejumlah lomba baik KSM (Kompetisi Sains Madrasah).

"Jadi kakak pendamping dari alumni MAN 2 yang tersebar di perguruan tinggi negeri misal mahasiswa UB, UNAIR, ITS ,UNESA UIN dan lain sebagainya untuk mendampingi siswa," terangnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Gresik Markus berharap madrasah terus berperan aktif mencetak siswa-siswi berprestasi serta ahlaqul karimah. 

"Kami juga berharap madrasah khususnya dibawah naungan Kemenag Gresik bisa berprestasi serta terus mengembangkan diri sehingga menjadi lebih baik," ujarnya menanggapi siswa MAN 2 Gresik tetap berprestasi meski di tengah pandemi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES