Pendidikan UIN Malang

UIN Maliki Malang Segera Miliki Kampus 4 di Wilayah Malang Selatan

Kamis, 25 Februari 2021 - 20:43 | 152.06k
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof Dr H Abdul Haris M.Ag ditemui di ruang kerjanya. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof Dr H Abdul Haris M.Ag ditemui di ruang kerjanya. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menyiapkan diri untuk segera memiliki gedung perkuliahan baru yakni Kampus 4. Rencananya akan ditempatkan di wilayah Malang Selatan tepatnya Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Kepada TIMES Indonesia, Rektor UIN Malang Prof Dr H Abdul Haris M.Ag mengatakan rencana itu berangkat dari pemberian lahan hibah dari Pemerintah Kabupaten Malang.

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

"Masih proses diserahkan kepada UIN Malang dari Pemkab Malang," kata Haris, ditemui di kantornya, Jalan Gajayana, Kota Malang, belum lama ini.

Ingin Tambah 3 Fakultas Baru

Orang nomor satu di UIN Malang ini menginginkan tambahan fakultas dari tujuh fakultas yang ada sekarang. Tiga fakultas yang disiapkan adalah Fakultas Pertanian, Peternakan serta Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Tiga Fakultas baru rencananya yang akan dibangun di Kepanjen di atas lahan seluas 17 hektar. Mengapa di Kepanjen? Kata Haris, lokasi Malang Selatan dinilai cukup strategis karena dekat lahan pertanian, perkebunan, dan laut selatan.

"Konotasinya pada prakteknya. Kalau pun dibangun kampus tapi nantinya pada kuliah-kuliah yang lebih banyak praktek, seperti laboratorium lapangan. Pikiran saya sementara mendesign lab-lab untuk praktek kuliah lapangan," bebernya.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Dengan begitu, ia berharap proses hibah dari Pemkab Malang segera tuntas. Lalu, pihaknya akan meneruskan proses izin operasional 3 program studi yang nantinya juga akan diproyeksikan menjadi fakultas.

Mahasiswa nantinya yang akan kuliah di sana (kampus 4) tetap harus menjalani pembinaan keagamaan di Ma'had atau asrama. Modelnya, kampus akan bekerjasama dengan pondok pesantren yang terletak tidak jauh dari lokasi Kampus 4 tersebut.

"Mereka tetap diasramakan 1 tahun atau 2 semester. Kerena mereka akan terjun di masyarakat dan mereka akan jadi pionir di tengah masyarakat," tukasnya.

Kembangkan Kampus 3 di Tlekung

Kampus Ulul Albab ini sekarang sedang getol menyiapkan perkembangan pembangunan Kampus 3 di daerah Junrejo, Kota Batu. Sementara, gedung di sana digunakan untuk perkuliahan mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Menurut Haris, proses pembangunan Kampus 3 yang kelola oleh Project Management Unit (PMU) dari Saudi Fund for Development (SFD) ini memiliki lahan sekitar 100 hektar persegi.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Sekarang masih proses lelang konsultan. Konsultan ini yang nantinya akan mendesign. Tahun ini dikerjakan," jelasnya.

Sementara untuk konsep gedung secara umum, tetap seperti awal yakni membentuk seperti Lafadz Basmallah jika diambil gambarnya dari ketinggian.

Sementara ini, UIN Maliki Malang sudah memiliki 3 blok kampus. Yakni Kampus 1 (pusat) di Jalan Gajayana No 50, Kota Malang, Kampus 2 (Pascasarjana) di Dadaprejo, Junrejo, Pendem Kota Batu, dan Kampus 3 (FKIK) di Tlekung, Junrejo, Kota Batu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES