Peristiwa Nasional Vaksin Covid-19

4 Ribu Vaksin Covid-19 Disiapkan Bagi Lansia di Kabupaten Malang, Begini Mekanismenya

Kamis, 25 Februari 2021 - 19:54 | 45.27k
Prosedur Vaksinasi Covid-19 bagi lansia. (Foto: Diskominfo Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)
Prosedur Vaksinasi Covid-19 bagi lansia. (Foto: Diskominfo Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, MALANG –  

 

Kurang lebih 4 ribu dosis Vaksin Covid-19 diusulkan diberikan kepada Lansia Kabupaten Malang. Saat ini, Dinkes tengah menunggu data lansia dari BPJS.

"Lansia menunggu Vaksin Nakes selesai. Kami masih mempunyai spelling 4 ribu vaksin bagi lansia," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang drg Arbani Mukti Wibowo, kepada TIMES Indonesia, Kamis (25/2/2021).

Abah-Sanusi-7.jpgBupati Malang Terpilih Abah Sanusi ketika menjalani Vaksin Covid-19 khusus Lansia. (FOTO: Binar Gumilang/ TIMES Indonesia)

Lebih lanjut dia mengatakan, lansia yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 tidak hanya berstatus Nakes. Melainkan seluruh lansia pada umumnya akan mendapatkan vaksin gratis.

"Karena kami mendapatkan sekitar 20 ribu Dosis Vaksinasi. Sedangkan sisanya mungkin sebesar 4 ribuan dosis tadi disiapkan untuk lansia," terang mantan Direktur RSUD Lawang tersebut.

Sedangkan untuk pemberian vaksin pertama bagi lansia kata Arbani, Dinkes Kabupaten Malang sudah menyiapkan waktunya. Yakni usai pemberian vaksin bagi Nakes, TNI dan Polri.

"Mungkin Senin depan bisa dilakukan vaksinasi bagi lansia," ucapnya. Sedangkan untuk pendataan vaksin Covid-19 bagi Lansia di Kabupaten Malang, sedang dilakukan.

"Kami masih menunggu pendataan," imbuhnya. Sedangkan untuk masalah pendataan Arbani menyebutkan ada dua mekanisme yang dilakukan. Kedua data akan dilakukan pencocokan apakah sesuai atau tidak.

"Selain data dari Prolanis BPJS, kami juga memiliki Posbindu berbasis masyarakat yang melakukan pendataan terhadap keluarga termasuk Lansia," ungkapnya.

Data dari seluruh Lansia di Kabupaten Malang tersebut kata dia, selanjutnya akan masuk melalui aplikasi dan yang bersangkutan bisa melakukan Vaksin Covid-19 di Faskes terdekat dalam hal ini adalah Puskesmas. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES