Peristiwa Daerah

Puluhan Lansia di Majalengka Mendapatkan Operasi Katarak Gratis

Kamis, 25 Februari 2021 - 19:41 | 35.39k
Bupati Majalengka, Karna Sobahi menghadiri baksos operasi katarak yang digelar Dinas Kesehatan Majalengka. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)
Bupati Majalengka, Karna Sobahi menghadiri baksos operasi katarak yang digelar Dinas Kesehatan Majalengka. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menggelar bakti sosial berupa operasi katarak gratis kepada puluhan warga Kabupaten Majalengka, khususnya yang tidak mampu.

Operasi katarak yang dilaksanakan di Puskesmas Cigasong, Majalengka itu diikuti sebanyak 50 orang lansia dihadiri Bupati Majalengka, Karna Sobahi dan Sekda Eman Suherman, Kamis (25/2/2021).

Karna-Sobahi-5.jpg

"Kegiatan operasi katarak ini diikuti sebanyak 50 orang. Mereka yang ikut operasi katarak merupakan sebagian besar warga berasal dari wilayah utara Kabupaten Majalengka," kata Karna Sobahi.

Karna Sobahi menjelaskan operasi katarak bagi warga kurang mampu tersebut merupakan program rutin Pemkab Majalengka yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir ini.

"Kegiatan ini akan kita lakukan setiap tahunnya di beberapa tempat berbeda. Dan pada bulan Juni nanti, kita juga akan melaksanakan lagi di Puskesmas Malausma," ujarnya.

Karna Sobahi menambahkan penyakit katarak banyak dialami oleh masyarakat Kabupaten Majalengka. Namun banyak juga masyarakat yang menganggap penyakit itu awalnya penyakit biasa.

Karna-Sobahi-6.jpg

"Untuk itu kita meminta kepada Dinas kesehatan melalui Puskesmas agar turun langsung mendatangi masyarakat untuk mengetahui langsung kondisi terkini kesehatan masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Gandana Purwana menjelaskan kegiatan operasi katarak tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Majalengka bekerjasama dengan RS. Mata Cicendo dan Perdami Jawa Barat.

Saat ini sedikitnya ada 1.200 warga Kabupaten Majalengka yang mengidap katarak yang sebagian besar adalah para lansia. Sehingga pihaknya akan kembali melaksanakan kegiatan serupa di 2021.

"Bakti sosial kemanusiaan yang dilakukan Dinas Kesehatan Majalengka ini untuk memberikan pelayanan kepada warga yang kurang mampu agar bisa mengembalikan penglihatannya secara normal," jelasnya tentang kegiatan operasi katarak gratis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES