Peristiwa Daerah

Dibangun Tahun 1933, Sampah di TPA Bondowoso Sudah Melebihi Kapasitas

Kamis, 25 Februari 2021 - 19:30 | 60.85k
Tumpukan sampah di TPA Desa Paguan Kecamatan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso melebihi kapasitas lahan yang disediakan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Tumpukan sampah di TPA Desa Paguan Kecamatan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso melebihi kapasitas lahan yang disediakan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sampah di Tempat Pembuangan Akhir atau TPA Bondowoso di Desa Paguan, Kecamatan Taman Krocok,sudah melebihi kapasitas. 

Sementara TPA yang dibangun sejak tahun 1933 itu hanya memiliki luasan 1,6 hektar. Sehingga tak bisa menampung banyak sampah lagi. Salah seorang penjaga TPA, Zaky mengatakan ketika musim hujan seperti saat ini, sampah yang menggunung tak bisa diperlebar menggunakan mesin ekskavator.

Tumpukan-sampah-2.jpg

"Karena tumpukan sampah saat dinaiki ekskavator ketika hujan rawan ambles," katanya saat dikonfirmasi.

Sementara dalam sehari kata dia, ada sekitar 17 truk pengiriman sampah ke TPA. Dimana dalam satu truk bisa mengirimkan sampai empat atau lima kali. "Sampah yang masuk ke TPA setiap harinya bisa mencapai 4,2 ton dari seluruh kecamatan di Kabupaten Bondowoso," katanya.

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3), Abdul Asis mengakui ada rencana memindahkan TPA ke Desa Sumber Kokap, Kecamatan Taman Krocok.

"Luas lahan baru tersebut lebih dari 1,6 hektar. Yakni luasnya mencapai 5,2 hektar,” papar Asis saat dikonfirmasi.

Namun demikian kata dia, eksekusi pemindahan lahan TPA Bondowoso belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. "Karena tahapan prosesnya kini sedang digodok. Masih belum dipindah TPA Taman Krocok itu. Karena sekarang ini masih proses DED (Detail Engineering Design),” terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES