Pendidikan

Dies Natalis ke-48 ITNY, Banyak Prestasi yang Diraih

Kamis, 25 Februari 2021 - 19:16 | 87.04k
Rektor ITNY (kanan) ketika menyampaikan laporan kinerja 2020/2021, didampingi Ketua YPTN (kedua dari kiri) (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia) Foto 2: Ketua YPTN didampingi Rektor ITNY ketika memberikan penghargaan kepada tenaga kependidikan ITNYFoto 3:
Rektor ITNY (kanan) ketika menyampaikan laporan kinerja 2020/2021, didampingi Ketua YPTN (kedua dari kiri) (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia) Foto 2: Ketua YPTN didampingi Rektor ITNY ketika memberikan penghargaan kepada tenaga kependidikan ITNYFoto 3:

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) merayakan acara Dies Natalis ke-48 yang digelar secara live streaming dan luring atau tatap muka pada Kamis (25/2/2021). Pada Dies Natalis kali ini Rektor ITNY menyampaikan laporan singkat kinerja dan capain-capaian akademik tahun ajaran 2020/2021.

Perayaan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Nasional (YPTN) serta jajaranya, para pejabat struktural Rektor dan Wakil Rektor, perwakilan dosen dan tenaga kependidikan ITNY, dan Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) serta sejumlah Rektor yang ikut menyampaikan ucapan Dies Natalis ke-48 ITNY melalui daring. Acara dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

ITNY-2.jpgKetua YPTN didampingi Rektor ITNY ketika memberikan penghargaan kepada tenaga kependidikan ITNY (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia) 

Rektor ITNY Dr. Ir. H. Ircham, MT dalam sambutan mengatakan sangat bersyukur dalam suasana pandemi seperti ini ITNY masih bisa survive dan bahkan masih bisa punya beberapa prestasi dan hal lainnya yang kita lakukan terkait kondisi ITNY di masa pandemi setahun ini.

Tercatat jumlah mahasiswa aktif saat ini sebayak 3518, dengan mahasiswa baru tahun 2020 sebanyak 372, dan mahasiswa asing 19 orang. Jumlah dosen 122 orang, 7 asisten dosen dan Doktor 20 orang. “Ini masih di bawah target kita yang 25 orang,” kata Ircham. 

Selain itu dosen yang masih menempuh studi ada 7 orang yakni 2 di Taiwan, 2 di UGM, 2 di Unpad dan 1 UNS, Solo, lanjutnya rasio dosen dan mahasiswa aktif 1:27. Jumlah tendik ITNY hingga saat ini ada 107, rasio tendik dan mahasiswa aktif 1:33.

Menurutnya dari sisi rangking ITNY naik, tahun lalu ITNY diurutan 211 dari sekitar 4500 perguruan tinggi di indonesia, namun berdasarkan rangking LLDIKTI V ITNY menempati urutan ke 11 dari 102 perguruan tinggi swasta (PTS). Tetapi kalau yang tercatat di Dikti hanya sekitar 2300 dan ITNY dari jumlah tersebut tercatat di urutan 155.

“Dari 102 PTS yang ada di Yogyakarta, rangking ITNY diurutan 11 dan kita targetkan tahun ini akan masuk menjadi 10 besar,” tandasnya. 

Ia menambahkan rataan hasil klaterisasi perguruan tinggi tahun 2020, mengenai pemeringkatan atau rangking, sejak ITNY berubah dari sekolah tinggi menjadi institut maka klaster kita pun berubah dari klaster 5, kemudian dalam 2 tahun ini sekarang  menjadi urutan klaster 4.

ITNY-3.jpgKetua YPTN didampingi Rektor ITNY ketika memberikan penghargaan kepada dosen ITNY (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia) 

Dengan adanya sistem baru, ITNY mendapat 3 penyesuaian akreditasi yakni program studi yakni PWK, Teknik Elektro S1 dan Teknik Mesin D3 yang seharusnya sudah habis, namun pada April 2020 di perpanjang oleh BAN PT sampai April 2024, begitu pun Teknik Elektro dan Teknik Mesin dari 22 September 2020 diperpanjang menjadi 20 Desember 2025.

Dalam kesempatan yang sama, ITNY juga turut memberikan penghargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan sejumlah 6 orang yang telah mengabdi selama 25 tahun. Keberadaan mereka dapat membawa ITNY mencapai titik seperti sekarang.

Sementara itu Ketua YPTN ITNY, Ir. H. Supatno dalam sambutannya menyampaikan mudah-mudahan kita harapkan Dies Natalis ITNY ke 48 ini, akan semakin menampakkan andalannya di tahun-tahun yang akan datang sekaligus semakin dipercaya oleh masyarakat dalam mencapai pendidikan yang lebih tinggi sekaligus untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Menurutnya Yayasan selalu mendorong apa yang diusahkan oleh ITNY, dan memberi ruang yang cukup untuk berinovasi di ITNY, dan pada situasi yang sulit sekarang ini bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya tentu banyak kendala terutama yang kurang berkecukupan tapi punya prestasi.

“Yayasan berharap bisa memberikan beasiswa, mudah-mudahan bisa berhasil untuk tahun ajaran akademik 2021/2022 ini,” ungkapnya. 

Ia menambahkan berharap untuk ketetentuannya akan segera dikeluarkan khusus bagi putra-putri terbaik yang punya prestasi dan igin meningkatkan prestasinya di ITNY akan mendapatkan peluang itu.

“Meskipun jumlahnya barangkali belum bisa menggembirakan semua pihak, tetapi ini akan menjadi perhatian ke depan barangkali bisa berkembang lebih baik,” papar Supatno Ketua YPTN dalam acara Dies Natalis ke-48 ITNY. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES