Pemerintahan

Pemkot Palembang Gandeng Kemenparekraf RI untuk Pengembangan Pulau Kemaro

Kamis, 25 Februari 2021 - 07:31 | 43.43k
Rencana Plan pengembangan Pulau Kemaro. (Foto: Halo Palembang)
Rencana Plan pengembangan Pulau Kemaro. (Foto: Halo Palembang)

TIMESINDONESIA, PALEMBANGPemkot Palembang melakukan berbagai upaya menjadikan Pulau Kemaro di Sungai Musi sebagai destinasi wisata andalan. Salah satunya menggandeng Kemenparekraf RI (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Bahkan Wali Kota Palembang Harnojoyo sudah menemui Menparekraf RI Sandiaga Uno untuk mewujudkan program tersebut.

Ada beberapa poin berdasarkan pemaparan tim yang dibentuk Wali Kota Palembang. Pertama pemaparan Pemkot mendapat saran bagaimana agenda Pulau Kemaro dengan kerajaan Sriwijaya dapat lebih diperkenalkan. Kedua mengenai konsep Pulau Kemaro.

Rencana Plan b

Ketua tim pengembangan Pulau Kemaro Syafri Nungcik menjelaskan ada beberapa konsep yang diberikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno. Salah satunya seperti pengembangan pulau yang ada di Korea.

"Pemkot dan tim diminta untuk serius melakukan pengembangan Pulau Kemaro. Bahkan Menparekraf berencana memasukkan Pulau Kemaro masuk dalam rencana Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," terangnya.

Menurutnya, Pemkot akan berusaha, bagaimana cara pengembangan Pulau Kemaro masuk dalam KSPN, sehingga ada kucuran dana dalam pengembang Pulau Kemaro.

Rencana Plan c

Berdasarkan data yang dihimpun, Kamis (25/2/2021) pengembangan Pulau Kemaro mencapai 30 hektar. Luas tersebut yang ditawarkan kepada investor. Diketahui Pulau Kemaro sudah dikenal di Asia Tenggara terutama bagi Melayu dan Tionghoa dengan sejarah klenteng serta menjadi tujuan pada saat ritual Cap Go Meh.

"Beberapa investor sudah mulai melirik dan melakukan pembahasan investasi disana," kata Ketua Tim Pengembangan Pulau Kemaro ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES