Indonesia Positif

Mahsiswa KKN Undip Bikin WebGIS Pemantau Penularan Covid-19

Selasa, 23 Februari 2021 - 16:34 | 31.56k
Mahasiswa KKN Undip, Muhammad Daffa saat menyerahkan WebGIS pemantau kenaikan Covid-17 di Semarang, Selasa (23/2/2021). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa KKN Undip, Muhammad Daffa saat menyerahkan WebGIS pemantau kenaikan Covid-17 di Semarang, Selasa (23/2/2021). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SEMARANG – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro 2021, Muhammad Daffa Musyary membuat website berbasis peta dan data COVID-19 di Kelurahan Sumurboto, banyumanik, Kota Semarang yang disebut WebGIS.

WebGIS adalah aplikasi GIS atau pemetaan digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media komunikasi yang berfungsi mendistribusikan, mempublikasikan, mengintegrasikan, mengkomunikasikan dan menyediakan informasi dalam bentuk teks.

"Selain itu juga menyajikan peta digital serta menjalankan fungsi–fungsi analisis dan query yang terkait dengan GIS melalui jaringan internet," ungkap Daffa di Semarang, Selasa (23/2/2021). 

Di dalam WebGIS ini akan memuat informasi berupa pemetaan kawasan terdampak COVID-19 (jumlah warga yang terdampak dan titik lokasi), informasi cara penanggulangan pandemi COVID-19, serta informasi lainnya seputar Kelurahan Sumurboto.

Manfaat adanya WebGIS ini adalah tersedianya peta atau informasi yang berbasis WebGIS yang tersusun dengan baik, akurat, mudah dibaca, dan mudah dimengerti oleh awam sekalipun.

Baik berupa data maupun peta skematik sehingga pemerintah Kota Semarang ataupun Kelurahan Sumurboto dapat melakukan perencanaan dalam mendukung penekanan penyebaran virus COVID-19 menggunakan WebGIS.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES