Peristiwa Daerah

Istri Gubernur Jabar Ajak Anak-Anak Pramuka di Cirebon Gemar Menanam

Selasa, 23 Februari 2021 - 21:56 | 40.40k
Atalia Praratya Ridwan Kamil mengajak para anggota Pramuka gemar menanam. (Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Cirebon)
Atalia Praratya Ridwan Kamil mengajak para anggota Pramuka gemar menanam. (Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Cirebon)

TIMESINDONESIA, CIREBONIstri Gubernur Jawa Barat yang juga Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil mengajak para anggota Pramuka membuat program yang sesuai dengan adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi. Salah satu caranya adalah menanam.

Atalia menyampaikan hal itu saat mengunjungi Kabupaten Cirebon, Selasa (23/2/2021). Atalia mengatakan, pandemi Covid-19 ini membuat program-program gerakan pramuka sedikit terhambat.

Atalia Praratya Ridwan Kamil 2

"Ada pekerjaan rumah (PR) besar dalam gerakan pramuka. Bagaimana bisa mengadaptasi kebiasaan baru dengan kondisi yang ada. Kita harus menggalakkan program-program agar anak-anak bisa melakukan kegiatan pramuka di rumah," jelasnya.

Salah satunya adalah menanam di rumah. Apalagi, siswa lebih banyak mengikuti pembelajaram jarak jauh (PJJ). "Iya, karena masalah pangan ini sangat krusial. Kita tidak mau ada krisis pangan khususnya di Jawa Barat, sehingga anak kita akan dididik gemar menanam," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya mendorong program gerakan menanam padi dengan insan pramuka "Gembira" serta mengajak anak-anak untuk cinta dengan alam.

"Untuk wilayah perkotaan, mereka bisa menanam di polybag jadi satu butir bisa jadi satu rumpun sehingga anak-anak bisa gemar menanam," terangnya.

Atalia pun mencontohkan penanaman mangrove di Cirebon. "Kita melakukan penanaman 1.000 mangrove di Kecamatam Gunung Jati. Ini bantuan dari Pemprov Jabar. Kita juga akan sebar ikan di tempat tersebut sebanyak 5 ribu bibit ikan," ujarnya.

Atalia berharap, dengan adanya penanaman pohon mangrove dan pemberian bibit ikan di Kecamatan Gunung Jati itu bisa mendorong masyarakat peduli terhadap lingkungan.

Tersambung Bupati Cirebon H. Imron menuturkan, bahwa Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan kaum muda yang berperan sebagai pemicu, pengemong, dan pemberi semangat anak muda dalam pengembangan jati diri dan karakter positif.

Imron yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang Pramuka Cirebon menyebutkan, visi dari gerakan ini yakni mewujudkan anggota pramuka sesuai kebutuhan zaman mereka agar melakukan perubahan lebih baik. "Dengan sentuhan Gerakan Pramuka, mudah-mudahan generasi muda Kabupaten Cirebon berkarakter baik," katanya.

Menurutnya, Pramuka bisa membawa calon pemimpin yang baik di masa mendatang. "Kita berharap, dengan dilantiknya kakak-kakak Pramuka ini, akan menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan pendidikan karakter bagi kaum muda Kabupaten Cirebon," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES