Indonesia Positif

Dosen STIKI Malang Teliti Pengaruh Video Conference Dalam Pembelajaran Daring, Ini Hasilnya

Selasa, 23 Februari 2021 - 14:24 | 31.94k

TIMESINDONESIA, MALANG – Pandemi yang belum berakhir membuat pembelajaran daring masih terus dilakukan semua institusi pendidikan di dunia tak terkecuali STIKI Malang.

Pembelajaran daring ini sering dinilai kurang dibandingkan dengan pembelajaran reguler yang memerlukan tatap muka. Untuk itulah 3 dosen STIKI Malang, Siti Aminah, S.Si., M.Pd., Sugeng Widodo, S.Kom., M.Kom., dan Nira Radita, S.Pd., M.Pd meneliti lebih dalam seputar 'Pengaruh Video Conference Dalam Pembelajaran Daring'.

Selama pandemi, 3 dosen ini meneliti setidaknya 4 kelas mahasiswa Teknik Informatika STIKI Malang dengan metode tertentu yang sudah mereka rancang. Ternyata hasil dari penelitian selama 4 bulan ini menghasilkan penemuan yang tak terduga.

"Pada mata kuliah keahlian, Rata-rata hasil belajar mahasiswa menggunakan video conference lebih baik daripada hasil belajar menggunakan e-belajar. Untuk Mata kuliah keahliannya pada penelitian ini mata kuliah desain web dan desain grafis," jelas Siti menuturkan melalui jaringan pribadinya.

Penelitian ini pun juga sudah mendapatkan hibah dari internal STIKI untuk menunjang penelitian. Selain itu pada bulan maret 2021, penelitian ini juga akan terbit dalam jurnal teknika milik IKADO yang terakreditasi sinta 3.

"Sebenarnya rencana penelitian ini sebelum pandemi, karena ada aturan dari STIKI tentang pembelajaran daring harus ada 7 pertemuan daring dan 4 didalamnya adalah video conference selama kuliah 1 semester, mengubah ini tentu tidak terbiasa bagi kami sebagai dosen tapi kami coba untuk terus menyesuaikan. Selain itu dari penelitian ini juga kami menemukan bahwa mahasiswa lebih menyukai video conference dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka," ungkapnya.

Menurut timnya, dengan mengetahui pengaruh video conference dalm pembelajaran hasil penelitian oleh dosen STIKI Malang ini bisa menjadi referensi untuk menentukan strategi pembelajaran daring selanjutnya yang sesuai. Khususnya untuk mata kuliah matematika atau pemograman yang membutuhkan praktikum dengan memperhatikan seberapa sering mahasiswa akan melakukan video conference dalam 1 semester. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES