Wisata

Jalur Pendakian Gunung Dempo Kembali Dibuka, Pendaki Diminta Jaga Kebersihan

Selasa, 23 Februari 2021 - 14:35 | 58.91k
Gunung Dempo. (dok/TI)
Gunung Dempo. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Balai Registrasi Gunung Merapi Dempo (BRIGADE) Kota Pagaralam, Sumatra Selatan kembali membuka jalur pendakian Gunung Dempo.

“Terhitung tanggal 23 Februari 2021, untuk jalur pendakian ke Gunung Dempo sudah kita buka kembali. Karena ini mengacu pada limit waktu, mulai dari tanggal 18 – 22 Februari 2021 berkenaan dengan pelaksanaan giat ‘Harmoni Dempo’. Maka selebihnya untuk jalur pendakian sudah mulai dibuka kembali,” terang Ketua BRIGADE Kota Pagaralam Arindi SE, Selasa (23/2/2021)

Menurut Arindi, para peserta giat Operasi Bersih Gunung Dempo dan Operasi Bersih Lokasi Wisata Pagaralam. Selain melakukan operasi sampah, disamping itu juga dilakukan giat pembersihan jalur pendakian. Dan sekarang ini, untuk jalur pendakian sudah bersih.

“Sejauh ini, calon pendaki yang mendatangi Pos BRIGADE melakukan pendaftaran ingin muncak ke Dempo ada 5 orang, kemungkinan keesokan harinya akan bertambah lagi, kita juga telah memasang penunjuk arah, sekarang ini sudah sampai di peghaduan besak. Dan sisa yang belum di pasang, akan kita pasang lagi di Maret 2021 nanti,” jelasnya.

Arindi menambahkan, pada kondisi cuaca yang kurang bersahabat sekarang ini, diimbau kepada para pendaki, yang ingin melakukan pendakian ke puncak Dempo, untuk lebih menyiapkan fisik dan perlengkapan. Ini karena cuaca tidak menentu, yakni hujan, kabut dan badai. Arindi juga berpesan, untuk tempat-tempat peristirahatan yang telah dibuat dapat dijaga secara baik.

Harmoni-Dempo.jpgPeserta Harmoni Dempo melakukan pembersihan sampah di sepanjang jalur pendakian Gunung Dempo.  (Foto: Humas Harmoni Dempo/TIMES Indonesia)

“Bagi pendaki yang ingin muncak, kiranya untuk lebih safety lagi, membawa peralatan standar pendakian, logistik yang cukup, P3K, jas hujan dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, serta mematuhi peraturan dan imbauan, yang telah dibuat oleh Pengurus BRIGADE Kota Pagaralam,” serunya.

Arindi juga berharap, dengan telah diperbaikinya jalur pendakian, serta dilengkapi pula dengan papan penunjuk arah, diharapkan bisa memudahkan para pendaki, dalam melakukan aktivitas pendakian. “Semoga apa yang sudah dilakukan oleh kawan-kawan Aliansi Peduli Dempo, dapat memberikan nilai positif terhadap pengunjung, yang akan mendaki Gunung Dempo. Kedepan semoga Gunung Dempo akan menjadi Gunung yang bersih dari sampah,” harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES