Ekonomi

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka

Selasa, 23 Februari 2021 - 14:38 | 62.16k
Ilustrasi - Kartu Prakerja Gelombang 12. (foto: liputan6)
Ilustrasi - Kartu Prakerja Gelombang 12. (foto: liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 akan segera dibuka kembali. Pembukaan program Kartu Prakerja ini akan langsung dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hari ini, Senin (23/2/2021).

Sebelumnya, sejak Minggu (21/2/2021) pendaftar sudah bisa mengakses layanan untuk membuat akun kartu prakerja secara online di laman www.prakerja.go.id. Hal tersebut berdasarkan postingan resmi Instagram @prakerja.go.id.

"Sobat Prakerja, situs Kartu Prakerja sudah terbuka untuk Sobat yang belum memiliki akun dan ingin membuat akun," tulis akun resmi Prakerja.

Pembukaan akses situs web ini hanya berlaku untuk pembuatan akun saja, karena gelombang pembukaan Kartu Prakerja yang akan datang masih menunggu kepastian dari pemerintah. Pembuatan akun saat ini, akan membantu para calon peserta bisa meminimalisir kesulitan jaringan dan lebih siap ketika pembukaan gelombang tiba.

"Dengan membuat akun, nantinya Sobat hanya tinggal mengikuti seleksi saja ketika ada pembukaan gelombang," jelas akun instagram tersebut.

Sejauh ini, mekanisme dan teknis pelaksanaan sedang dalam tahap finalisasi antara Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) dengan Komite Cipta Kerja (KCK). Manajemen Pelaksama Program Kartu Prakerja juga akan menyampaikan mengenai proses di dalam Kartu Prakerja. Baik insentif, sertifikat, penautan rekening, dan lain-lain, secara berkala.

"Sehingga bisa lebih paham dan mengerti apa yang dialami atau dikeluhkan oleh penerima Kartu Prakerja," jelasnya.

Bagi yang berminat, pastikan sebelum membuat akun untuk mendaftar, anda telah memenuhi tiga kriteria utama. Yaitu WNI, berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal. Untuk lengkapnya, prosedur pendaftaran kartu prakerja dilakukan melalui tiga langkah sebagai berikut.

Langkah Pertama: Membuat Akun

Pada langkah pertama, anda hanya diminta untuk membuat akun sebelum mengisi data diri secara lengkap di langkah berikutnya. Tata caranya ialah.

1. Buka www.prakerja.go.id lalu pilih 'Buat Akun'

2. Masukkan alamat email dan kata sandi baru yang akan dipakai;

3. Periksa email untuk memverifikasi akun;

4. Setelah memverifikasi email, kembali ke laman sebelumnya untuk masuk dengan akun yang telah dibuat.
 
Langkah Kedua: Mengisi Data Diri

Secara garis besar pada langkah kedua ini Anda diminta untuk mengisi beberapa data secara lengkap. Data tersebut di antaranya verifikasi KTP, data diri dan nomor HP. Hal-hal yang harus dilakukan yaitu:

1. Kembali ke halaman sebelumnya dan klik 'Login' untuk masuk ke akun;

2. Masukkan nomor KTP, nomor Kartu Keluarga dan Tanggal lahir. Jika sudah, klik 'berikutnya'

3. Lengkapi data diri, meliputi nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, jenjang pendidikan terakhir dan status pekerjaan;

4. Pastikan untuk menunggah foto KTP dan foto selfie diri dengan KTP, lalu klik 'berikutnya'

5. Masukkan nomor HP, lalu anda akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang sudah dikirim melalui SMS.

Setelah melengkapi data diri, langkah berikutnya ialah mengikuti tes motivasi dan tes kemampuan dasar. Tes ini untuk mengetahui kompetensi dan potensi diri dari pendaftar. Langkah dan ketentuan yang harus diperhatikan di antaranya:

1. Klik 'Mulai Sekarang' di halaman utama;

2. Tes online berlangsung selama 15 menit;

3. Siapkan alat tulis untuk membantu selama ujian;

4. Jika selesai menjawab pertanyaan, tunggu email konfirmasi dari kartu prakerja;

5. Kembali ke laman sebelumnya dan pilih 'Gabung' untuk mendaftar program kartu prakerja.

Baca Juga:

[CEK FAKTA] Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang ke-12 Dibuka

Demikian informasi terkait pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12. Informasi lebih lanjut silakan cek tautan: www.prakerja.go.id. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES