Peristiwa Daerah

PMI Cilacap Menjadi Juri Dalam Gelaran First Aid Competition Pertamina RDMP RU IV Cilacap

Selasa, 23 Februari 2021 - 14:09 | 47.86k
PMI Cilacap sebagai juri first aid Competition. (Foto: humas PMI for TIMES Indonesia)
PMI Cilacap sebagai juri first aid Competition. (Foto: humas PMI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Dalam rangka rangkaian bulan K3 tahun 2021, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap dipercaya untuk menjadi juri lomba pertolongan pertama atau first aid competiton yang diselenggarakan oleh Pertamina Refinery Development Master Plan (Pertamina RDMP) Refinery Unit (RU) IV Cilacap.

Humas PMI Kabupaten Cilacap R. Endro Teguh Kusumo mengatakan bahwa lomba pertolongan pertama atau first aid competiton ini masih dalam rangkaian menyemarakkan bulan K3, sebelumnya sekitar pertengahan bulan Febuari juga dilaksanakan pelatihan pertolongan pertama yang terbagi dalam 2 gelombang, terang Endro, Selasa (23/2/2021).

PMI Cilacap b

First aid competiton ini, lanjut Endro, di ikuti oleh 9 kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang, dan mereka merupakan para pekerja Pertamina RDMP RU IV.

Masing-masing kelompok harus saling berbagi tugas, ada yang sebagai narator, sebagai peraga, serta sebagai pelaku pertolongan pertama (first aider) untuk menolong penderita sesuai kasus atau kejadian yang di soalkan oleh para juri yang berasal dari PMI Kabupaten Cilacap.

Para peserta dituntut untuk melakukan grid penilaian pertolongan pertama secara cepat dan tepat sesuai ilmu medis dasar agar dapat melakukan prosedur penanganan pertolongan pertama pada penderita secara baik dan benar, jelas Endro.

PMI Cilacap c

Tujuan diadakan lomba pertolongan pertama yaitu untuk mengasah kemampuan para pekerja khususnya yang membidangi Health Safety Environment (HSE) atau kesehatan, keselamatan dan keamanan lingkungan (K3) dalam hal penanganan pertolongan pertama pada penderita yang sewaktu waktu dapat terjadi terutama di tempat kerja, sesuai prosedur penanganan yang ada dengan kata lain sesuai SOP, pungkas Endro.

First aid competiton atau lomba pertolongan pertama sendiri berlangsung Senin (22/2/2021) di Head Office (HO) Pertamina RDMP RU IV Cilacap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES