Ekonomi

Jokowi Sebut 34 Persen Kemiskinan Ada di Kabupaten Sumba Tengah, NTT

Selasa, 23 Februari 2021 - 12:55 | 23.30k
Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung lumbung pangan di Kabupaten Sumba Tengah, NTT. (FOTO: Setneg RI)
Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung lumbung pangan di Kabupaten Sumba Tengah, NTT. (FOTO: Setneg RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) meninjau langsung ketahanan pangan di Kabupaten Sumba Tengah, NTT, Selasa (23/2/2021). Kepala Negara pun menyampaikan mengapa Kabupaten Sumba Tengah yang dipilih sebagai lokasi pembangunan lumbung.

"Karena memang kita harus ngomong apa adanya Pak Bupati, Pak Gub (Gubernur), data yang saya miliki 34 persen kemiskinan ada di sini dan panen yang ada di Sumba Tengah ini masih setahun baru sekali yaitu padi," ucap Jokowi di depan tamu yang hadir.

Presiden menyampaikan, pemerintah telah menyiapkan 5.000 hektare lahan untuk kepentingan lumbung pangan ini. Sebanyak 3.000 hektare lahan akan ditanam padi dan 2.000 hektare ditanami jagung.

Oleh karena itu, kata dia, dengan dibangunnya lumbung pangan ini, pengelolaan pangan di Sumba Tengah lebih optimal. Targetnya, padi dapat dipanen 2 kali dalam setahun dan jagung atau kedelai dapat dipanen setahun sekali.

Selain itu lanjut mantan Wali Kota Solo itu, kedepannya, lahan akan diperluas hingga 10.000 hektare yang dimanfaatkan untuk padi sebesar 5.600 hektare dan untuk jagung 4.400 hektare. Akan tetapi, kata Jokowi, saat ini masih terdapat persoalan ketercukupan air.  "Tadi kita lihat sudah dibangun di 2015-2018 sumur bor yang masuk ke sawah, juga ada embung di sini," jelasnya.

"Saya meyakini food estate yang ada di Kalimantan Tengah, food estate yang ada di Sumatera Utara, dan juga food estate yang ada di NTT ini akan bisa kita membangun sebuah ketahanan pangan yang baik untuk negara kita dan nanti akan kita fotokopi untuk juga di provinsi-provinsi yang lain yang memiliki kesiapan," ujar Presiden RI Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES