Peristiwa Daerah

Pembangunan Balai Uji KIR Kota Batu Terkendala Administrasi

Senin, 22 Februari 2021 - 23:17 | 50.10k
Kantor KPU Kota Batu yang sudah dikosongkan dan akan dipergunakan untuk Balai Uji KIR. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/ TIMES Indonesia)
Kantor KPU Kota Batu yang sudah dikosongkan dan akan dipergunakan untuk Balai Uji KIR. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Belum ada perkembangan yang berarti dari rencana pembangunan Balai Uji Kir di Kota Batu. Dewan menemukan ada kendala permasalahan administrasi dari pelaksanaan pembangunan.

Menurut Anggota Komisi C DPRD Kota Batu, Didik Mahmud, beberapa permasalahan administrasi yang terjadi antara lain ada selisih lahan dari aset Pemkot Batu yang sebelumnya dipergunakan sebagai kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu ini.

Dari sertifikat aset tanah tertera seluas 3001 meter persegi, namun ada selisih lahan. Menurut Didik saat ini Pemkot Batu masih menghitung dan menunggu rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jatim.

KPU-Kota-Batu-2.jpg

Selain itu masih masih ada kekurangan administrasi terkait gudang KPU yang berada di belakang kantor. “Kita merekomendasikan kepada Pemkot Batu agar menyurati KPU agar bisa menghibahkan bangunan tersebut, karena bangunan itu akan dirobohkan,” ujar Didik Mahmud.

Dewan sudah berdialog dengan Dinas Perhubungan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP), Badan Keuangan dan Aset Daerah (KAD) dan Badan Layanan Pengadaan (BLP) Kota Batu.

Dalam dialog tersebut dewan meminta Detail Enginering Desain (DED) agar lebih dimatangkan dengan memperhatikan masukan dari Dinas Perhubungan terkait dengan kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan Dishub.

Kendala administrasi ini harus segera diselesaikan dengan koordinasi antar OPD, sehingga pembangunan Balai Uji KIR yang sudah disiapkan anggarannya ini bisa terlaksana. Sesuai dengan target, Balai Uji Kir di Kota Batu ini tahun 2022 sudah bisa berfungsi. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES