Politik

Jelang Muscab, PKB Jatim Beri Peluang Anak Muda Pimpin DPC Surabaya

Senin, 22 Februari 2021 - 22:37 | 30.96k
Ratusan pemuda Surabaya mengikuti kegiatan yang digelar Garda Bangsa, organisasi saya PKB. (Foto: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)
Ratusan pemuda Surabaya mengikuti kegiatan yang digelar Garda Bangsa, organisasi saya PKB. (Foto: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) partai PKB Jatim bakal menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak, di 38 Kabupaten/Kota pada Bulan Maret mendatang. Dalam Muscab, peluang anak muda dalam memimpin DPC terbuka lebar, tak terkecuali untuk kota Surabaya.

"Muscab masih kita matangkan konsep pelaksanaan teknisnya karena 38 kabupaten kota di Jatim situasi pandemi Covid-19, tentu membutuhkan konsep cermat, efektif, dan efisien. InsyaAllah paling lambat awal Maret, Minggu ke-1 atau ke-2," ungkap Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi.

Ia mengatakan, untuk gelaran Muscab itu DPW PKB Jatim menargetkan rangkaiannya bisa selesai pada bulan April 2021 atau sebelum memasuki bulan Ramadhan. Maka dari itu, mulai dari saat ini DPW PKB terus melakukan persiapan dan konsolidasi ke DPC terkait.

Dalam Muscab DPC PKB itu, Fauzan mengaku DPW PKB Jatim membuka peluang kepada generasi muda untuk menjadi pucuk pimpinan DPC, tak terkecuali untuk kota Surabaya.

"Surabaya ini kan heterogen, ya. Sekarang memang era milenial. Soal pemimpin milenial ini juga harus memfasilitasi dan mewadahi mereka. Kalau nggak bisa ya percuma saja. Nanti bila di Muscab, top leader-nya dari milenial ya monggo saja, kan clue-nya pemilihannya musyawarah mufakat," paparnya.

Selain membuka peluang anak muda menjadi pucuk pimpinan, menurut Fauzan Muscab juga adalah fase awal bagi PKB seluruh Jatim untuk berbenah. Terlebih mengatur formula yang pas untuk meningkatkan elektabilitas di daerah masing-masing. Terutama menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Di sisi lain, pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam mengatakan bahwa pergantian pucuk pimpinan partai-partai di Surabaya sangat dibutuhkan, tak terkecuali bagi PKB.

Apalagi menurutnya, setelah terpilihnya wali kota Surabaya Eri Cahyadi sebagai representasi kaum muda Surabaya, penting bagi partai-partai politik di Kota Pahlawan untuk mulai mempercayakan kepemimpinan pada anak muda.

"Surabaya butuh akselerasi-akselerasi khusus. Apalagi Mas Eri yang terpilih. Ini bukti kalau masyarakat mempecayakan masa depan kotanya ke anak muda," jelas Surokim, saat ditanya soal kemungkinan anak muda memimpin PKB Jatim untuk wilayah Surabaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES