Peristiwa Daerah

40 ASN Muba Dilatih Intelejen Oleh BAIS TNI, Ini Tujuannya

Senin, 22 Februari 2021 - 22:07 | 173.72k
Pelatihan Kemampuan Intelejen Angkatan Pertama bagi ASN Muba di BAIS TNI Bogor. (Foto: Dok Kominfo Muba)
Pelatihan Kemampuan Intelejen Angkatan Pertama bagi ASN Muba di BAIS TNI Bogor. (Foto: Dok Kominfo Muba)

TIMESINDONESIA, BOGOR – Sekitar 40 pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan dilatih kemampuan intelejen (deteksi dini) oleh Badan Intelejen Strategis (BAIS) TNI. Peserta angkatan pertama ASN Muba ini terdiri dari camat, trantib, dan OPD dengan mencegah, meminimalisir serta mempertahankan Zero konflik.

"Ini menjadi pelatihan Intelijen pertama di Indonesia yang dilakukan Pemerintah Daerah dengan mengirim pegawainya untuk lebih mengoptimalkan Deteksi Dini dan Cegah Dini (Deni Ceni) setiap potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) di wilayah Muba," ujar Komandan Satuan Induk (Dansat Induk) BAIS TNI, Laksmana Pertama TNI, Akmal SAP, Senin (22/2/2021).

ASN Muba 2

Upacara Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Intelijen Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2021 ini dilakukan di Kelas “J” Satinduk Bais TNI, Bogorm

Menurut Akmal, Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA punya komitmen tinggi dalam menjaga keamanan dan stabilitas wilayah dan mempertahankan zero konflik.

"Indonesia akan semakin kondusif dengan adanya komitmen yang kuat dari Kepala Daerah untuk menjaga ketentraman dan keamanan wilayah," ujarnya. 

Informasi yang dihimpun TIMES Indonesia, pelatihan yang diikuti 40 peserta ini akan dilaksanakan selama lima hari dengan materi seputar peningkatan kemampuan Intelijen bagi ASN dan upaya cepat meminimalisir dan mencegah konflik.

ASN Muba 3

Sementara, Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin, Lic Econ, MBA berharap peserta pelatihan serius. Semua aparatur Pemkab Muba, kata dia, wajib mengetahui lebih cepat dan mencegah lebih dini  kondisi yang bakal terjadi dan memunculkan konflik di masyarakat.

"Sehingga penanganan permasalahan yang akan terjadi baik itu bencana alam maupun non alam lebih cepat ditanggapi atau diminimalisir," ujar Doktor Alumni UNPAD ini.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA dalam kesempatan tersebut disematkan BAIS TNI penghargaan PIN Dharma Wira Waskita. Selain itu juga mengikuti latihan menembak bersama BAIS TNI hingga disematkan PIN kehormatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES